Wisata Pantai Tanjung Aan, Tempat Sejarah Putri Mandalika

Wisata —Selasa, 7 Dec 2021 09:34
    Bagikan  
Wisata Pantai Tanjung Aan, Tempat Sejarah Putri Mandalika
pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK.COM- Lombok memang memiliki segudang pantai yang mengagumkan. Apalagi pantai di wilayah selatan Lombok.

Salah satu pantai di Lombok yang harus kamu datangi adalah Pantai Tanjung Aan, tempat berasalnya sejarah Putri Mandalika.

Pantai ini berhadapan langsung dengan samudera Hindia dan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer. Hal yang membedakan Pantai Tanjung Aan dengan pantai lainnya adalah, Pantai Tanjung AAn memiliki pasir pantai yang berbentuk bulat seperti merica.

Ombaknya yang cukup tenang dan kedalamannya yang sedikit dangkal membuat pantai ini cocok untuk kamu yang suka berenang dan snorkeling. Disini juga disediakan jasa sewa peralatan snorkeling.

Namun, menjelang sore hari, permukaaan air laut akan naik dan menjadikan Pantai Tanjung Aan ini tempat yang tepat untuk berselancar.

Baca juga: Salah Satu Pantai Unik di Dunia, Ini Pesona Pantai Pink Lombok

Pantai Tanjung Aan dieklilingi dengan beberapa bukit. Kamu juga bisa dengan mudah mencapai bukit tersebut kalau mau melihat pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian.

Di sekitar wilayah Pantai Tanjung Aan, kamu akan menemukan beberapa paying kayu dengan rajutan jerami diatasnya. Ini adalah salah satu cara yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan. Sambil bersantai melihat keindahan pantai, kamu juga bisa banget sambil makan santapan khas Lombok yang dijual di sekiatan pantai.

Memasuki musim liburan, Pantai Tanjung Aan akan banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Kalau kamu berkunjung kesini saat bulan Februari, pantai ini akan dikunjungi oleh banyak orang karena pada bulan tersebut ada Ritual Bau Nyale.

Baca juga: Tradisi Bau Nyale, Cacing yang Dipercaya Putri Mandalika

Ritual Bau Nyale sendiri adalah kepercayaan masyarakat setempat tentang Putri Mandalika. Dimana putri Mandalika melompat dari bukit untuk menghindari peperangan di negeri yang ia cintai. Masyarakat setempat percaaya bahwa Putri Mandalika menjelma menjadi nyale agar dapat bisa dinikmati oleh semua orang.

Nyale adalah sebutan masyarakat setempat untuk cacing laut. Cacing laut juga hanya muncul pada waktu tertentu di Pantai Tanjung Aan ini. Nyale yang muncul mun memiliki warnya yang bermacam-macam.

Pantai Tanjung Aaan terletak 75kilometer dari kota Mataram dan 3 kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi dari kota Mataram, maka kamu akan menempuh perjalan selama 1 setengah jam.

Baca juga: Makanan dan Oleh-oleh khas Lombok yang Lezat

Rute yang akan kamu tempuh adalah Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade –Kuta dan sampailah di Tanjung Aan.

Lebih disarankan untuk menyewa motor atau mobil dari Mataram. Sarana angkutan umum di daerah ini akan membuat repot dan buang waktu liburanmu.

Kalau sudah smpai di Pantai Tanjung Aan, kamu harus menyempatkan untuk mengunjungi beberapa pantai di sekitarnya yang gak kalah indah ya! –zz-

Baca juga: Menangkap Jelmaan Putri Mandalika di Tradisi Bau Nyale

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait