Berjelajah di Museum Nusa Tenggara Barat

Wisata —Senin, 25 Oct 2021 11:49
    Bagikan  
Berjelajah di Museum Nusa Tenggara Barat
image/ pinterest

MATARAM, DEPOSTLOMBOK

Museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengoleksi, mengembangkan dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat. Di setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki museum dengan jejak sejarahnya yang sangat lengkap. Salah satu daerah yang memiliki museum dengan pengetahuan sejarahnya yang detail yaitu Lombok. Wisatawan yang datang ke Lombok sangat disayangkan jika tidak mengunjungi museum yang ada di sini. Museum di Lombok yang sangat terkenal dan selalu ramai di kunjungi yaitu Museum Nusa Tenggara Barat (NTB).

Museum Nusa Tenggara Barat (NTB) di resmikan pada tanggal 23 Januari 1982 oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Joesoef. Museum ini menyimpan banyak koleksi bersejarah mulai dari peninggalan pra sejarah, peninggalan hindu, islam, bahkan koleksi pada masa penjajahan Belanda pun ada disini. Benda koleksi yang ada di Museum NTB ini memiliki total 7.698, dalam pengelolaannya juga diklasifikasikan berdasarkan kriteria.


Daya Tarik

Wisatawan yang datang ke tempat ini, akan disambut oleh buaya muara sepanjang 4,1 meter yang ada di bagian depan ketika akan melewati ruangan lobi. Buaya tersebut sudah diawetkan dan disimpan dalam kotak kaca sehingga wisatawan tidak perlu takut untuk melewati buaya muara ini. Setiap lorong yang ada di tempat ini, memiliki lukisan indah yang menceritakan kezenian pulau Lombok dan Sumbawa. Museum NTB memiliki 2 gedung utama yang dikenal dengan ruangan pameran permanen.


Di gedung pertama, wisatawan dapat melihat dengan jelas keadaan geografi Pulau Lombok dan Sumbawa melalui miniatur yang dibuat secara detail. Wisatawan juga bisa belajar tentang spesies flora dan fauna yang terancam punah serta dilindungi oleh pemerintah. Jika id gedung pertama terdapat miniatur Pulau Lombok dan Sumbawa, gedung kedua juga tidak kalah keren karena di ruangan ini wisatawan dapat melihat miniatur Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Saat memasuki gedung ke-2, wisatawan akan disambut oleh beberapa pasang pengantin dengan pakaian tradisional, seperi suku sasak, Sumbawa, Bima dan Bali. Tidak hanya itu, wisatawan juga akan melihat jaran kumput atau yang lebih dikenal dengan kuda-kudaan. Museum NTB juga memiliki koleksi alat tenun tradisional yang selalu dipakai oleh masyarakat Lombok. Masih banyak sekali koleksi yang ada di tempat ini, seperti Berbagai jenis porselin peninggalan china, Takapan (dokumen naskah kuno), Peninggalan kesultanan Bima

Baca juga: Jangan Lewatkan Cafe Ini Jika ke Lombok

Baca juga: Penuh Arti Kehidupan, Ini Dia Kata-kata Mutiara

Baca juga: Misteri! Tempat Seram yang Ada di Indonesia


Rute dan Lokasi

Museum Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki lokasi yang strategis, yaitu berada di Jl. Panji Tirta No.6, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Rute yang harus di tempuh untuk sampai ke tempat ini memang sangat mudah. Wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir karena banyak sekali kendaraan umum menuju ke Museum Nusa Tenggara Barat.


Harga Tiket dan Fasilitas

Wisatawan yang ingin mengunjungi Museum ini, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket karena untuk masuk ke tempat ini gratis atau tidak dipungut biaya apapun. Tempat wisata ini mulai beroperasi pada pukul 08:00 sampai pukul 14:00.

Fasilitas yang ada di sini sangat lengkap, diantaranya:

- Toilet

- Area parkir

- Layanan informasi

- Mushola

- Toko makanan

- Mini market

- Berugak. (NL)

Baca juga: Wisata Atlantis Land Surabaya Seperti di Negri Dongeng

Baca juga: Wisata Air Jungle Toon Waterpark Semarang yang Segar

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait