Goa Sunyaragi yang Memiliki Mitos Tidak Boleh Menyentuh Patung

Wisata —Minggu, 24 Oct 2021 10:46
    Bagikan  
Goa Sunyaragi yang Memiliki Mitos Tidak Boleh Menyentuh Patung
image/ pinterest

CIREBON, DEPOSTLOMBOK

Kota udang Cirebon adalah kota yang dilalui jalur pantura, jalur dari Jakarta jawa yang melalui jalur utara.

Sebagai kota yang sering dilalui lalu Lalang orang yang hilir mudik, Cirebon juga banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu suguhi loh.

Salah satunya adalah Taman Goa Sunyaragi, Gua Sunyaragi pada zaman dahulu merupakan pesanggrahan Para Sultan dan petinggi Kerajaan, serta digunakan untuk tempat bertapa.

Keberadaan Taman atau Gua Sunyaragi memiliki kisah sejarah yang cukup panjang dan termasuk salah satu cagar budaya yang ada di Cirebon.

Gua Sunyaragi atau sering disebut juga Taman Sari Sunyaragi berada di atas lahan seluas 15 hektar, dan pada zaman dulu dikelilingi oleh danau yang bernama Danau Jati.


Gua ini merupakan gua buatan yang dibuat oleh Pangeran Kararangen sekitar tahun 1703 Masehi, beliau merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Pembangunannya dimaksudkan  sebagai tempat untuk meningkatkan ilmu kanuragan serta memperdalam teknik berperang bagi para pembesar dan prajurit keraton.

Oleh dasar itulah lokasi wisata bersejarah ini diberi nama Sunyaragi, yang berasal dari bahasa Sanskerta yakni “Sunya “ dan “Ragi” yang artinya adalah “Sepi” dan “Raga”.

Gua Sunyaragi dibangun dengan menggabungkan beberapa ornamen yakni Islam, Hindu, dan Tiongkok. Dan secara keseluruhan menggunakan konsep zaman kerajaan pada masanya.


Mitos di Goa Sunyaragi

Mitos tersebut berkaitan dengan persoalan jodoh. Yakni terdapat sebuah larangan di Gua Sunyaragi, yaitu seorang perawan dilarang untuk menyentuh salah satu patung batu yang bernama Perawan Sunti.

Jika hal itu terjadi, maka dipercaya si perawan tersebut akan sulit mendapatkan jodoh. Bila kamu terlanjur menyentuhnya, ada cara untuk menangkal mitos tersebut.

Yaitu dengan berjalan masuk ke dalam Gua Kelanggengan, yang dipercaya dapat melanggengkan sesuatu termasuk masalah jodoh.

Baca juga: Wisata Atlantis Land Surabaya Seperti di Negri Dongeng

Baca juga: Resep Makanan Tortilla Wrap Hack Lezat dan Mudah

Baca juga: Mistis! Rumah yang Terkenal Anger, Rumah Darmo


Beberapa goa yang ada di Taman Sunyaragi adalah :

- Goa Pengawal

- Goa Pandekemasan

- Goa Simanyang

- Bangsal Jinem

- Mande Beling

- Goa Peteng

- Gungkup Puncit

- Goa Langse

- Kamar Panembahan

- Kamar Kaputren

- Bale Kambang

- Goa Arga Jumut

- Goa Padang Ati

- Goa Kalanggengan

- Goa Lawa

- Goa Pawon


Selain itu disana juga ada beberapa wahana yang bisa untuk kamu coba dan menambah keseruan kamu berlibur ke taman Goa Sunyaragi

- Sepeda terbang

- Balon terbang

- Ayunan terbang

- Panahan

Lokasi dan Rute Jalan Goa Sunyaragi

Lokasi dan alamat Goaa Sunyaragi terletak di Jl. By Pass Brigjen Dharsono, Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Lokasi Gua Sunyaragi jika dari Terminal Haramukti Cirebon sekitar 1,5 km jauhnya, sedangkan dari arah stasiun kereta api Cirebon sekitar 5 km./ RS

Baca juga: Wisata Air Jungle Toon Waterpark Semarang yang Segar

Baca juga: Wisata Galaxy Waterpark Yogyakarta yang Menyenangkan

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait