Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek Lombok Terpancar Hingga Mancanegara

Wisata —Jumat, 22 Oct 2021 10:05
    Bagikan  
Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek Lombok Terpancar Hingga Mancanegara
image/ pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Gerabah merupakan hasil kerajinan yang terbuat dari tanah dan menghasilkan perkakas, atau alat dapur. Gerabah sudah di kenal dari zaman dahulu sehingga menjadi sumber sejarah pada suatu peradabatn di masalalu. Gerabah selalu di jadikan sebagai peralatan rumah tangga yang memiliki fungsi estetis. Lombok memiliki tempat wisata penghasil gerabah yaitu Desa Banyumulek.

Desa Banyumulek menjadi salah satu destinasi wisata di Lombok yang selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata ini menyuguhkan kehidupan pedesaan yang asri dan keramahan penduduknya. Hampir semua penduduk di desa ini menggantungkan hidupnya dari produksi gerabah. Kerajinan gerabah ini sudah ada sejak abad 17 hingga 18 berawal dari seorang kekek yang bernama Papuk Mulek. Pada waktu itu, Papuk Mulek beserta temannya sedang membuat gentong untuk tempat air dan Periuk untuk memasak nasi. Tetapi seiring berjalannya waktu, semakin banyak kerajinan gerabah yang di hasilkan oleh Papuh Mulek sehingga di pelajari oleh banyak orang.


Daya Tarik

Wisatawan yang datang ke tempat ini diizinkan untuk mencoba membuat kerajinan gerabah, hal itulah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat ini. Penduduk desa akan mengajarkan wisatawan cara membuat gerabah yang benar, mulai dai pemilihan bahan, teknik pembuatan, dan pembuatan desain yang lucu. Hasil gerabah yang telah di buat bisa di ambil sebagai kenang-kenangan. Untuk wisatawan yang menyukai lukisan, kamu bisa melukis gerabah menggunakan peralatan yang sudah disediakan di tempat tersebut. Biasanya penduduk akan memberikan gerabah yang cocok untuk kebutuhan wisatawan agar semangat melukis.

Setiap sudut desa di tempat ini memiliki keindahan yang berbeda-beda, maka wisatawan yang datang ke tempat ini wajib banget untuk mengabadikan momen sebagai kenang-kenangan. Aktivitas penduduk lokal yang hidup dengan kesederhanaan juga bisa kamu abadikan dengan baik.Tidak jauh dari tempat gerabah, Desa Banyumulek juga memiliki panorama alam dengan keindahan yang mempesona. Tidak hanya itu, udara sejuk yang ada di tempat ini semakin membuat wisatawan nyaman berada di tempat ini.

Baca juga: Kisah Seram! Hantu Boneka yang Berjalan di Siliwangi Bandung

Baca juga: Seram! Film Kuntilanak Mangkujiwo, Dendam Lama yang Ingin Terbalas

Baca juga: Resep Makanan Cara Membuat Burger Rumahan yang Lezat

Rute dan Lokasi

Desa Banyumulek atau yang lebih di kenal dengan Desa penghasil gerabah ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena berada di Desa Banyumulek, Kab. Lomok Barat, Nusa Tenggara Barat. Rute menuju tempat ini sangat mudah dan tidak memakan waku yang begitu lama. Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari kota Mataram, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 14 Km. Untuk wisatawan yang tidak membawa mobil pribadi, jangan khawatir karena di daerah ini ada tempat untuk menyewa mobil rental.


Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk mengunjungi Desa Banyumulek ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk. tetapi jika wisatawan ingin membeli hasil kerajinan gerabah yang ada di tempat ini harus mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal. Biasanya tempat ini ramai di kunjungi mulai pukul 10:00 hingga pukul 16:00.

Fasilitas yang ada di Desa Banyumulek ini terbilang sangat lengkap, diantaranya:

- Toilet

- Area parkir

- Mushola

- Toko

- Galeri

- Penginapan atau hotel. (NL)

Baca juga: Kisah Seram! Hantu Boneka yang Berjalan di Siliwangi Bandung

Baca juga: Seram! Film Kuntilanak Mangkujiwo, Dendam Lama yang Ingin Terbalas

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait