Indahnya Pura Batu Bolong Lombok

Wisata —Selasa, 24 Aug 2021 11:43
    Bagikan  
Indahnya Pura Batu Bolong Lombok
Image/Pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Sebuah pengalaman yang begitu menakjubkan dan menyejukkan hati pastia kan muncul dan tumbuh dari diri Sobat dePost Lombok kalau berkunjung ke Pura Batu Bolong ini. Apa tidak takjub dan merasa sejuk coba, alhasil indahnya Pura Batu Bolong ii berada di tengahnya surga Pantai Senggigi yang ibarat sepotong surga di angkasa jatuh ke bumi. Menakjubkan. Mendamaikan hati siapa saja yang melihat kekhasan budaya dan nilai adat-istiadatnya juga pastinya.
Yapz, Sobat tidak salah membaca. Bahwa benar Pura Batu Bolong ini berlokasi di bibir pantai Senggigi di Lombok atau tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Pura ini benar-benar kokoh berdiri di atas baru karang di sana, dengan terdapat lubang di bagian tengahnya. Kalau Mimin boleh takjub sekali lagi, Mimin benar-benar bersyukur sekali melihat keindahan ragam Inodnesia ini yang tiada hentinya tersebar di mana-mana, tidak terkecuali di Pura Batu Bolong ini. Ibaratnya itu yah Sobat, sebuah keagungan Tuhan. Tuhan kita semua.


Apalagi kalau Sobat benar-benar datang ke lokasi dimana Pura Batu Bolong ini berdiri, yak Sobat dePost Lombok pastinya bakal ditawarkan dengan jutaan buih di lautan yang gemar menyapa pengunjung, plus desir angin laut yang begitu sangat sangat sangat bersahabat. Kenyamanan dan keindahan alam yang begitu memukau tersebar bebas begitu saja di kawasan ini. Tidak salah area sektiar Pura Batu Bolong Lombok ini menjadi keindahan yang tiada tara dipadu dengan damainya kecantikan panorama Pantai Senggigi Lombok, emmbuat siapa saja wisatawan yang berpelancong tidak ingin pulang. Benar. Sekali lagi Mimin bilang, tidak ingin pulang.

Baca juga: Anak Senja Pokoknya Mesti Singgah ke Bukit Malimbu Lombok

Baca juga: Rasa Takjub Melihat Air Terjun Timponan Lombok Barat

Baca juga: Segarnya Air Terjun Segenter di Lombok


Tentunya pun Sobat dePost Lombok sudah tahu, bahwa untuk Pantai Senggigi sendiri itu berlokasi di kecamatan Batu Layar atau ptepatnya berjalar sekitar 10 kilometer ke kawasan utara kota tua Ampenan Mataram. Nah, untuk Pantai Senggigi ini seprti yang pernah Mimin post juga di website dePost Lombok bahwa pantainya itu memang indah juga dan benar-benar menyejukkan netra, tidak salah dong jika banyak orang yang habis datang ke pantai Senggigi ini acap bilang kalau keindahan si pantai bsia diseleraskan lah dengan keindahan pantai-pantai di pulau Bali lainnya. Sebab ya Sobat, bener banget bahwa pantainya itu memang indah. Misalnya saja kejernihan air lautnya yang benar-benar menenangkan hati, terus tidak ketinggalan gradasi pasir pantai yang tiada henti membuat kita berdecak kagum. Bagaimana sih Tuhan yang agung begitu cekatan melukis gradasi warna alam sedemikian rupa? Dan bahkan si ombak pantai yang cukup bersahabat alias tidak terlalu besar, dan itulah yang memang menjadi nilai khas tersendiri bagi Senggigi ini.


Pura Batu Bolong yang berada di tengahnya juga tidak mau tinggal diam. Ia begitu menarik perhatian siapa saja yang ingin menterjemahkan kehangatan ragam corak ibadah umat Hindu. Benar Sobat, meski kita tahu bahwa memang banyak warga Lombok yang memeluk agama Islam, namun tidak dapat dipungkiri bahwa keramah-tamahan adat dan ibadah khas indu juga masih dipeluk di sini, alhasil Lombok masih punya keterikatan akan nilai sejarah dengan Pulau Bali. Kedatangan orang Bali dulu ke tanah Lombok membuat Hindu punya sejarah tersendiri di tanah ini, dan itu tidak bisa dilupakan terutama dari Danghyang Nirartha atau yang disebut juga sebagai sebutannya Danghyang Dwijendra atau Pendanda Sakti Wau Rauh.


Jadi, kapan dong kita bercengkrama bersama sambil bahas yang ’dalem’dalem’ tentang naskah hidup di tengah terpaan debur ombak Senggigi?

Ehehehe, bahasa Mimin tolong dikondisikan yak

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait