Mencintai Seni di Desa Banyumulek Lombok

Wisata —Selasa, 24 Aug 2021 09:56
    Bagikan  
Mencintai Seni di Desa Banyumulek Lombok
Image/Pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK


Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa benar sekali. Lombok sangat kaya akan budaya dan ragam hias seninya, selain kekayaan alamnya yang sejuk dan mendebarkan hati, membuat siapa saja bisa terbius berpuluhan kalid an tidak ingin meninggalkan suasana hangat yang ditawarkannya. Tidak terkecuali juga dengan desa di Lombok yang satu ini. Sebuah desa yang terkenal akan keseniannya yang sangat menyentrik dan indah dipandang apalagi untuk dikoleksi dan dibawa pulang. Benar sekali, Desa Banyumulek Lombok.


Kalau Sobat dePost Lombok sudah pernah singgah ke Desa Rambitan Lombok, tentu Desa Banyumulek juga harus wajib dimasukkan ke list target destinasi wisata selanjutnya. Jikapun belum mengunjungi Desa Rambitan Lombok, ya lebih baik tentunya jika mampu dikunjungi kedua-duanya. Keduanya punya karakteristik unik yang berbeda, masing-masing punya kebanggaan tersendiri juga.


Nah, untuk Sobat dePost Lombok yang ingin singgah atau bermain dan belajar banyak hal tentang kehidupan di Desa Banyumulek Lombok ini tentu Sobat sangat boleh mengetahui lokasinya yaitu berada di sebuah kecamatan bernama Kediri Pulau Lombok, atau lebih tepat lagi ialah di Kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebuah kecamatan yang memang menjadi sebuah objek wisata yang terkenal, dan Sobat pun bisa menempuhnya kurang lebih sekitar 14 kilmeter menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Namun bagaimanapun ya, tidak dapat dipungkiri kalau Sobat menaiki mobil pasti akan segera sampai dengan cepat di kecamatan ini. Oh iya, Lombok pun tentunya juga punya jasa rental sewa mobil lho, biasanya banyak ditemui di sekitaran kota Mataram sana.

Foto: Pinterest

Baca juga: Hemlock Water Dropwort, si Putih Cantik yang Mematikan

Baca juga: Resep Makanan,Cara Membuat Asinan Kedondong Asam, Manis, Segar

Baca juga: Berpetualang di Hutan Lindung Sesaot Lombok


Kalau untuk tarif masuk ke desa sendiri, Sobat tidak perlu khawatir. Iya, tidak perlu khawatir, karena di sini itu masuk desanya gratis. Siapapun sangat dipersilakan untuk berkunjung dan mengenal ragam kehidupan masyarakat Lombok. Sebaliknya, Sobat dePost Lombok hanya perlu menyiapkan uang untuk membeli beberapa hasil kerajinan yang ditawarkan masyarakat di sna, sebab bagaimanapun membantu perekonomian mereka meski sekecil atau seupil rupiah pun jadi. Mereka pasti akan senang dan bersyukur.
Penduduk di sana pastinya juga ramah sekali. Mereka berjumlah kurang lebih sekitar 10.000 orang dengan luas wilayah sekitar 4,2 Hektar. Mereka tampak begitu mencintai wilayah dan daerah mereka. Kalau Sobat bisa mengamati lekat dan bersahabat dengan beberapa di antaranya pasti akan terpancar wajah kebanggaan dan senyum hangat dari mereka, terutama yang meyakini bahwa menetap di desa sendiri dibandingkan merantau jauh ke tempat orang adalah hal yang membuat jiwa bahagia.

Foto: Pinterest

Baca juga: Menyapa Pantai Cemara di Lombok Yang Belum Terjamah

Baca juga: Ademnya Pantai Mangsit Lombok

Baca juga: Lebih Dari Kata Menakjubkan Untuk Pantai Bangko-bangko


Eh iya, ngomong-ngomong kerajinan di Desa Banyumulek ini sangat banyak lho. Sobat dePost Lombok bisa banget tentunya ikut belajar membuat gerabah. Gerabah yang dihasilkan pun bisa dihasilkan beragam jenis, misalnya ya ada guci, terus gentong air atau untuk tempat menyimpan makanan juga bisa, terus ceret minum, hmm dan masih banyak lagi lainnya. Dannn, itu semua pasti tidak ketinggalan dengan ornamen khas Lombok atau Desa Banyumuleknya sendiri.


Ini nih Mimin sudah rangkum apa saja sih kalau berkunjung ke Desa Banyumulek ini yang bisa Sobat lakukan supaya nggak kebingungan kayak orang aneh. Check it kindly yak!
Sobat bisa banget dong tentunya belajar membuat kerajinan gerabah


Eh, juga bisa nih melukis gerabah. Keindahan alam dengan mengabadikannya lewat berfoto tentu nggak boleh kelewatan yahh ;)

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait