Bukit Korea Dopang Lombok Barat, Wisata Nusantara Sejuk dan Menyegarkan Mata

Wisata —Minggu, 8 Aug 2021 14:17
    Bagikan  
Bukit Korea Dopang Lombok Barat, Wisata Nusantara Sejuk dan Menyegarkan Mata
image/pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK


Wisata Lombok tidak hanya berkutat pada lautan seperti Pantai Senggigi Lombok Barat, tetapi di desa Dopang kecamatan Gunungsari juga berada di Lombok barat ada tempat wisata unik dengan view kota Mataram dari ketinggian, sebuah Bukit yang sudah cukup dikenal oleh wisatawan lokal sekitar mataram.
Warga sekitar sering menyebutnya dengan nama Bukit Korea Dopang.


Secara administratif, Bukit Korea terdapat di Desa Dopang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, yang berbatasan dengan Kota Mataram.

Rute favorit untuk menuju Bukit Korea adalah melalui jalan Bung Karno lalu melalui jalan baru terusan Bung Hatta sampai di pertigaan Jalan Jendral Sudirman belok kanan. Sekitar 300 meter dari pertigaan tersebut, belok kiri pada gang yang bertuliskan Kawasan Penjualan Ikan Segar Gegutu Timur, Rembiga, Kota Mataram.


Jalan menurun dan melewati jembatan. Ikuti terus jalan ini sampai ada pertigaan ke arah Kekeri, ikuti jalan yang lurus, jangan belok kiri, sampai ketemu masjid besar Kelurahan Kekeri yang belum jadi di sebelah kanan, jalan terus sekitar 100 meter dan ketemu PAUD Halimatus Sakdiah; belok kiri dan ikuti jalan desa; lalu masuk sawah dan lewat jembatan gantung yang indah untuk berfoto.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Sabtu 7 Agustus 2021, Libra Pemasukan dan Pengeluaran Tidak Seimbang, Virgo Mulai Berhemat

Baca juga: Sketsa Rasa, Sajak-sajak Waktu


Dari atas bukit tersebut menyuguhkan pemandangan Kota Mataram dari ketinggian, lokasi ini sering dijadikan tempat kemah para pemuda dan Pramuka.

Selain itu, Bukit Korea Dopang sangat familiar di kalangan pencinta sepeda gunung, saat hari libur, tempat itu pasti ramai dipenuhi para pecinta sepeda gunung dari berbagai daerah.


Tempat ini indah dan sangat menyejukkan karena tempat ini banyak pepohonan yang sudah besar dan sering di datangi oleh anak-anak Sekolah pada saat liburan.

Untuk mencapai ke puncak bukit Korea Dopang, tentunya Anda harus tracking terlebih dahulu, baru nanti Anda bisa menikmati keindahannya.


Dari atas Bukit Korea, Anda bisa melihat dengan jelas seluruh keindahan alam pulau Lombok. Bahkan banyak orang yang berkunjung ke sana untuk berburu sunset yang nampak di atas pulau Lombok Barat.

Tentunya, ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik bila Anda dapat melihatnya serta mengabadikannya secara langsung.

Suasana sunset dari atas bukit ini juga didukung dengan nuansa langit yang berwarna orange dengan alam sekitar yang penuh dengan hijaunya pepohonan nampak membuatnya kontras.

Selain menantikan kedatangan sunset, biasanya para wisatawan yang ada disana melakukan tracking sembari menjelajah keindahan bukit korea ini.

Baca juga: Hantu Kuntilanak Merah Pemburu Darah

Baca juga: 5 Desa wisata di Lombok,yang Asri dan Masih Kental dengan Tradisi


Kebanyakan dari wisatawasan memutuskan untuk menyewa sepeda gunung agar bisa berkeliling ke seluruh wilayah Bukit Korea Dopang.

Hal ini mengingat di Bukit Korea Dopang terdapat beberapa spot terbaik yang hanya bisa dilewati dengan cara bersepeda saja.

Adapun beberapa spot terbaik yang ada di Bukit Korea Dopang ini kebanyakan merupakan spot adventure atau area penjelajahan.

Tentu hal ini sangat cocok bagi Anda yang memang benar-benar menyukai kegiatan tracking atau pun penjelajahan. Namun ingat, diperlukan sepeda gunung yang harus Anda sewa terlebih dahulu. Namun, jika Anda sudah membawanya dari rumah, maka Anda tidak perlu melakukan sewa sepeda gunung lagi.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup karena nantinya Anda tidak akan menemukan orang berjualan di sekitar area wisata ini. Karena kebanyakan para penjual makanan atau minuman hanya ada di bagian bawah bukit Korea Dopang ini.

Nah, selain mencari keringat saat gowes naik, yang paling asyik di Bukit Korea adalah turunannya. Meskipun tidak terlalu panjang, namun cukup menghibur andrenalin. Dari Korea Kelapa turun sampai Korea Lapangan bisa melaju dengan kecepatan tinggi karena jalannya cukup lebar; bisa mengakomodasi dua jalur yakni naik dan turun, pada jalan yang sama saat naik. Setelah lapangan, belok kiri adalah jalur tunggal, yang berbeda dengan jalur naik, yang juga dilalui oleh penduduk yang naik motor atau jalan kaki sehingga perlu berhati-hati. Hanya butuh waktu sekitar 10 – 15 menit untuk menuruni seluruh trek ini.

Baca juga: Film Indonesia 99 Nama Cinta, Romantis dan Bikin Nangis

Baca juga: Link Streaming Drama Korea Penthouse 3 Episode 9 Sub Indo, Memilih Untuk Menghancurkan Siapapun yang Pernah Membunuh


Total waktu tempuh dari Kota Mataram sampai ke Korea Kelapa sekitar 60 menit bila bersepeda santai atau sekitar 45 menit bila gowes agak cepat. Sedangkan perjalanan turun dan kembali ke Mataram bisa lebih cepat yakni sekitar 30 – 45 menit saja.

Meskipun Anda sudah ke berbagai trek, namun trek Bukit Korea ini layak dicoba.
Tidak ada tempat bersepeda gunung yang lebih ramai dan asyik dibanding Bukit Korea. Selamat mencoba bagi yang belum pernah ke sana. (NN)

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait