5 Desa wisata di Lombok,yang Asri dan Masih Kental dengan Tradisi

Wisata —Sabtu, 7 Aug 2021 09:30
    Bagikan  
5 Desa wisata di Lombok,yang Asri dan Masih Kental dengan Tradisi
Desa sembalun, Sumber foto pinterest

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK


Pulau Lombok sudah terkenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit, juga memiliki beberapa desa wisata yang keren.


Desa Wisata menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang cukup populer akhir-akhir ini, di mana menyajikan bentang budaya maupun bentang alam yang memiliki nilai jual objek wisata.

Selain itu tentunya desa wisata menghadirkan beberapa objek wisata baik alam maupun buatan yang menarik, serta hadirnya wisata ini berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


Buat kalian yang ingin mencoba berwisata lain dari yang lain di Lombok, maka desa wisata berikut ini bisa dijadikan destinasimu berikutnya


1.Desa Sembalun Lawang


Desa Sembalun Lawang juga menjadi salah satu desa wisata di Lombok, yang tepatnya berlokasi di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Letak desa ini berjarak sekitar 45 km dari kota Selong dan menempuh perjalanan sekitar empat jam dari kota Mataram.


Menariknya desa ini juga sekaligus sebagai titik awal pendakian Gunung Rinjani, serta tak kalah dengan desa wisata lainnya juga menghadirkan pemandangan perbukitan dan persawahan yang menakjubkan.

Baca juga: Mahasiswa 4 Universitas di Semarang Hibur Pasien yang Isolasi dengan Musik

Baca juga: Kamu Tak Sendirian! 8 Tanda Kehadiran Mahluk Halus ada di Sekitar Kita

2.Desa Wisata Tetebatu

Desa Tetebatu yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur yang letaknya berada di kaki Gunung Rinjani sebelah selatan. Desa yang berjarak sekitar 44 km dari Kota Mataram ini memiliki pemandangan alam khas Pulau Lombok, dengan suasana persawahan dan pegunungan yang memesona.

Selain itu, berbagai fasilitas juga tersedia di desa ini, seperti homestay, rumah makan dan perkebunan holtikultura yang hasilnya cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Baca juga: Link Streaming Drama Korea Penthouse 3 Episode 9 Sub Indo, Memilih Untuk Menghancurkan Siapapun yang Pernah Membunuh

Baca juga: Film Indonesia 99 Nama Cinta, Romantis dan Bikin Nangis

3.Desa Bilebante

Desa Bilebante yang letaknya berada di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini populer menjadi desa wisata hijau yang menyuguhkan pemandangan alam indah khas Lombok, dengan hamparan sawah yang memesona.


Selain itu desa ini juga terletak tidak jauh dari kota Mataram, tepatnya sekitar 16 km dan dapat ditempuh hanya dengan setengah jam perjalanan saja.

Baca juga: 5 Pegunungan Terbaik di Lombok, yang akan Membuat Anda Takjub pada Keindahannya


4.Kampung Wisata Kerujuk

Kampung Wisata Kerujuk yang letaknya ada Desa Pamenang Barat, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara, yang hanya berjarak 26 km sebelah utara kota Mataram.

Nama kampung ini memiliki arti kepiting dalam bahasa Sasak, karena mudah ditemui kepiting di kampung ini.


Selain itu terdapat berbagai atraksi di kampung ini berupa flying fox, trekking serta adanya walking tour untuk berkeliling beberapa air terjun indah di desa ini.

Tak hanya itu saja terdapat berbagai barang produksi asli dari desa ini yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca juga: 5 Makanan Ekstrim di Indonesia, yang Wajib Anda coba Kenikmatannya

Baca juga: 5 Pegunungan Terbaik di Lombok, yang akan Membuat Anda Takjub pada Keindahannya

5.Desa Adat Sade

Dan yang terkhir Desa Adat Sade adalah dusun adat Suku Sasak yang berlokasi di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Dusun ini masih mempertahankan rumah asli Suku Sasak, serta sangat menjunjung tinggi adat istiadat tradisionalnya. Namun masyarakat Suku Sasak di dusun tersebut memiliki kepercayaan Islam waktu telu, di mana hanya sholat tiga kali sehari, akan tetapi saat ini sudah memeluk Islam sepenuhnya.

Serta yang unik masyarakat di sini yakni membersihkan lantai rumah mereka dengan kotoran kerbau.

Nah buat kalian yang ingin berwisata alam sambil mempelajari budaya masyarakat setempat, maka pilihan mengunjungi desa wisata tepat banget buat kamu.(NN)

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait