Cerita di Balik Keindahan Pantai Selong Belanak di Lombok, Pantai Yang Katanya Memiliki Kutukan Mengerikan

Wisata —Senin, 26 Jul 2021 12:35
    Bagikan  
Cerita di Balik Keindahan Pantai Selong Belanak di Lombok, Pantai Yang Katanya Memiliki Kutukan Mengerikan
Pantai Selong belanak/Pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Pulau Lombok memang Tidak diragukan lagi keindahannya, mulai dari pantai wisata air hingga kulinernya tidak pernah lepas dari sorotan para wisatawan. Salah satunya adalah pantai selong belanak yang berlokasi di desa selong belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai dengan panjang sekitar satu kilometer ini, memiliki pasir yang berwarna putih dan air laut berwarna biru cerah. Terdapat juga beberapa gundukan bukit di sekitar pantai membuat kondisi alamnya semakin mirip dengan Hawai dan banyak wisatawan mengistilahkan pantai Selong belanak sebagai hawainya Pulau Lombok.

Baca juga: Emulator PS1 Android Terbaik Buat Main Harvest Moon

Baca juga: Streaming Ikatan Cinta Malam Ini, Aldebaran Keluarkan Mama Sarrah dan Jebloskan Elsa ke Penjara

Selain keindahanya yang mirip dengan Hawai hal menarik lainnya dari pantai selong belanak adalah cerita mistisnya. Saat berada di pantai selong belanak pengunjung akan melihat ada sebuah bukit berbentuk segitiga di hadapan pantai, dan bukit ini dinamakan Pulau Gunung wayang yang merujuk pada bentuknya yang seperti gunung berbentuk segitiga persis seperti gunungan yang ada di pementasan wayang kulit.

Di pulau itu memiliki mitos kutukan yang sangat mengerikan, konon siapapun yang memasuki bukit ini tanpa seijin pemangku adat setempat akan menemui kutukan kematian. Jadi kita hanya bisa menyaksikan keindahan Pulau ini dari kejauhan, bila memang ingin melihat pulau ini lebih dekat maka diwajibkan untuk meminta izin kepada juru adat di Lombok. Jika tidak maka jangan harap untuk bisa kembali dengan selamat.

Baca juga: Film Indonesia Zeta: When The Dead Awaken , Perjuangan Ibu dan Anak yang Bertahan Hidup di tengah Serangan Virus Zombie yang Mewabah

Baca juga: Pantai Tangsi ,Keindahan Pantai Dengan Pasir Merah Muda yang Mempesona

Keangkeran Pulau ini terbukti dengan banyaknya korban jiwa yang ditemukan meninggal karena melanggar hal ini, sehingga tak sembarangan orang yang bisa berkunjung ke pulau ini. Selain itu Pulau Gunung wayang ini konon merupakan tempat tinggalnya para makhluk halus yang menjaga pulau tersebut. Oleh karena itu banyak wisatawan yang meninggal di Pulau ini tanpa alasan yang jelas bahkan keangkeran tempat ini terbukti dengan adanya korban yang merupakan turis asing. Turis tersebut diketahui sebagai seorang peselancar, rasa keingintahuannya tentang Pulau ini membuat Ia datang mendekati pulau tersebut meskipun ia sempat dilarang oleh warga setempat, naas turis asing tersebut meninggal tanpa sebab yang jelas.

Mitos yang beredar tersebut juga merupakan bentuk dari kearifan lokal yang harus kita sikapi dengan bijaksana. Sebagai pengunjung ada baiknya kita bersikap sopan dan menghargai kepercayaan masyarakat setempat dengan cara mematuhi aturannya.

Baca juga: BTS Semakin Mendunia, Tidak Hanya Dengan Karya, BTS Juga Menjadi Duta Budaya Untuk Korea

Baca juga: Sholawat Jibril, Sholawat penuh Cinta membuka Pintu Rezeki dan Penerang Lentera Hati

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait