Masjid Kuno Bayan Beleq, Destinasi Wisata Religi di Pulau Lombok

Wisata —Sabtu, 24 Jul 2021 12:49
    Bagikan  
Masjid Kuno Bayan Beleq, Destinasi Wisata Religi di Pulau Lombok
Masjid Kuno Bayan Beleq, Destinasi Wisata Religi di Pulau Lombok(foto/Pinterest)

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan destinasi wisata. Variasi jenis wisata yang ada di Indonesia juga sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata religi.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata yang membutuhkan inspirasi destinasi baru, objek wisata religi di Indonesia bisa jadi salah satu alternatif pilihan wisata yang nggak kalah seru.

Baca juga: Cara Membuat Perkedel Tahu Isi Daging, Yang renyah dan garing

Baca juga: 6 Air Terjun Tersembunyi Dengan Spot Terbaik di Lombok Timur, yang Sejuk dan Menyegarkan Mata

Selain untuk menghilangkan penat wisata religi juga memiliki tujuan tertentu seperti mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, mengingatkan pada akhirat, menyegarkan rohani, serta membuka wawasan tentang sejarah penyebaran agama Islam dan perjuangan para wali pendakwah.

Salah satu rekomendasi wisata religi di Indonesia adalah Masjid Kuno Bayan Beleq di Kabupaten Lombok Utara.

Masjid Kuno Bayan Beleq merupakan salah satu peninggalan tertua yang menjadi sejarah masuknya penyebaran Islam di Pulau Lombok. Masjid ini terletak di jalan Labuan lombok, desa Bayan, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Tujuh Film Tanah Air 2021

Baca juga: Ini Dia Jenis-Jenis Kucing yang Mudah Perawatanya, Cocok Untuk anda yang Simple dan Fleksibel

Kalau pada umumnya masjid dibangun dengan kubah dan bangunan yang megah, Masjid Bayan Beleq memiliki keunikan tersendiri. Masjid ini dibangun dengan atap jerami atau dikenal dengan Bahasa Dayan Gunung yaitu atap santek dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu yang menjadi ikon kebanggaan masyarakat di Desa Bayan.

Masjid ini berdiri pada bangunan seluas 9×9 meter dengan lantai yang terbuat dari tanah liat yang telah ditutupi tikar buluh dan ditopang dengan 4 buah tiang utama. Uniknya keempat tiang tersebut berasal dari empat desa yaitu : Tiang sebelah Tenggara, dari desa Bilok Petung Lombok Timur. Tiang sebelah Timur laut, dari desa Terengan. Tiang sebelah Barat laut, dari desa Senaru, Tiang sebelah Barat Daya, dari Dusun Semokon Desa Sukadana.

Jika diamati bentuk bangunan Masjid Kuno Bayan Beleq hampir mirip dengan bentuk bangunan rumah-rumah tradisional asli masyarakat Bayan. Di dalam masjid juga terdapat sebuah bedug dari kayu yang digantung di tiang atap masjid dan di sekitar masjid terdapat makam yang diketahui merupakan salah seorang penyebar agama Islam pertama di kawasan ini, yaitu Gaus Abdul Rozak.

Baca juga: 6 Tanaman yang Disukai Jin dan Setan, Apa Jangan-jangan di Rumah Kalian Juga Ada.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Otak

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait