7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib di Bawa Pulang, Ada Makanan Hingga Kerajinan Tangan

Wisata —Kamis, 22 Jul 2021 13:00
    Bagikan  
7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib di Bawa Pulang, Ada Makanan Hingga Kerajinan Tangan
7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib di Bawa Pulang, Ada Makanan Hingga Kerajinan Tangan (Ilustrasi Foto: Pinterest)

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Jika kamu menuju ke Lombok hal apa saja yang biasanya terlintas? Mungkin sebagian orang akan memikirkan masalah destinasi wisata di Lombok yang sangat indah. Namun, tahukah kamu jika oleh-oleh khas Lombok juga wajib untuk dicoba.

Jalan-jalan keliling ke Pulau Lombok memang tak lengkap rasanya kalau kita tidak mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Apalagi jika daerah terebut memiliki beberapa oleh-oleh khas yang terkenal. Jika kamu sedang berlibur ke pulau Lombok, ada beberapa oleh-oleh khas Lombok yang tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: 5 Pantai Di Lombok dengan Senja Terindah

Baca juga: Kisah Wali Nyatoq dan makam keramat nya

Berikut 7 Oleh-oleh khas Lombok yang wajib dibawa pulang saat sedang berkunjung ke pulau Lombok.

1. Kain tenun Sasak

Kain tenun jadi salah satu kerajinan tangan kebanggaan Lombok. Motif kain tenun yang dikerjakan masyarakat sana tentu saja berbeda dengan lainnya, unik dan punya ciri khas tersendiri. Selain dijual dalam bentuk kain, kamu bisa menemukan kerajinan berbahan kain tenun seperti tas, syal, hingga baju.

2. Kerajinan Tangan, Anyaman Ketak

Anyaman Ketak adalah kerajinan tangan berupa anyaman yang dibuat dari tanaman liar yang disebut Ketak. Anyaman tersebut dijadikan berbagai bentuk seperti tatakan gelas, tas wanita, tempat perhiasan, aneka pajangan rumah, gentong, sampai meja hias.

Baca juga: Sinopsis Antrum 2019 Menceritakan Tentang Perjalanan Kakak Beradik

Baca juga: Kesehatan, Melawan Infeksi Pakai Kunyit

3. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut merupakan ikon makanan oleh-oleh dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dodol Rumput Laut khas lombok memiliki beberpa macam rasa buah dan sayuran, seperti rasa sirsak, semangka, nangka, labu siam, tomat, dan lain-lain.

4. Kerajinan Tanah Liat

Jika kamu suka dengan kerajinan tanah liat seperti Anglo, Kuali, Guci, Cerek Maling, dan sebagainya wajib banget untuk membawa pulang beberapa kerajinan lokal ini sebagai oleh-oleh khas dari Lombok.

Baca juga: Waspada!! Bagi Wanita Pengguna Skincare

Baca juga: Jenis-jenis Bakso Kekinian Yang Memiliki Bentuk Yang Unik, Ada Yang Mirip Kuburan

5. Madu Sumbawa

Madu dikenal memiliki banyak manfaat, tidak heran jika Madu Sumbawa harus dijadikan oleh-oleh khas Lombok yang wajib dibawa pulang. Madu ini berbeda dari kebanyakan madu karena ada salah satu jenis madu putih yang berasal dari lebah yang bersarang di karang-karang putih.

6. Mutiara Lombok

Selain kuliner dan kerajinan tangan, Lombok juga dikenal sebagai tempat budidaya mutiara yang indah. Ada berbagai jenis dan warna mutiara laut yang bisa kamu pilih, mulai dari keemasan, hitam, abu-abu, putih, kekuningan, dan lain-lain.

7. Minyak Gosok Sumbawa

Jika kamu pernah mengalami patah tulang atau keseleo oleh-oleh yang satu ini sangat cocok buat kamu. Karena bagi warga Sumbawa, minyak Sumbawa yang dibuat dari ramuan rahasia ini terkenal akan keampuhan dan khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit seperti patah tulang dan keseleo.

Baca juga: 7 Menu Ini Mesti Disajikan di Hari Idul Adha

Baca juga: 5 Orang Pemilk Garis Tangan ini Diprediksikan Akan Kaya Raya di Masa Depan

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait