5 Destinasi di Lombok yang Membuat Anda Tidak Mau Pulang

Wisata —Rabu, 21 Jul 2021 11:53
    Bagikan  
5 Destinasi di Lombok yang Membuat Anda Tidak Mau Pulang
5 Destinasi di Lombok yang Membuat Anda Tidak Mau Pulang/pinterest

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK

Lombok sebuah pulau yang berada di kepulauan sunda kecil atau Nusa tenggara yang di pisahkan oleh selat alas di sebelah timur dari subawa dan selat Lombok dari bali di sebelah barat.dengan  panjang pulau kurang lebih 70km dan luas pulau ini mencapai 5435 km persegi menempat kan nya pada peringkat dari daftar pulau berdasarakan luasnya di dunia.

Baca juga: Asal Usul Nama Suku Sasak, Penduduk Asli Lombok

Baca juga: Sate di Lombok Paling Enak? Ya Sate Bulayak! Begini Cara Membuatnya!

Lombok juga terkenal dengan wisata uniknya dengan keindahan yang menabjukan. Dan ini tempat wisata di Lombok yang menabjukan.

  1. Jembatan Gantung Kuno yang berusia 84 tahun

Dibangun pada tahun 1932, jembatan gantung setinggi 100 m di Lombok Barat ini memiliki banyak cerita. Misalnya, besi padat yang digunakan untuk membangunnya berasal dari Australia, para ahli konstruksinya dibawa dari Jawa, dan jembatan ini pernah rusak dua kali akibat diterjang oleh arus!

Di masa kejayaannya, jembatan ini memainkan peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah terpencil sebelum ada jalan. Sekarang, jembatan ini hanya dilalui oleh sepeda dan muda-mudi yang nongkrong di sore hari.

Di bawah jembatan mengalir sungai yang menghubungkan Dusun Kelebut dan Nyurlembang. Awas jangan sampai kehilangan keseimbangan saat melintasinya!

Baca juga: Sate Bulayak: Dibalik Rasanya yang Enak, Ada Sejarah dan Filosofi yang Menyentak

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Lombok yang Bisa Bikin Awet Muda

  1. Pantai Tebing

Bukit tebing menjulang tinggi yang terdapat di pantai berpasir hitam ini tampak begitu unik dan eksotis. Sepintas mengingatkan akan ngarai Grand Canyon yang ada di Amerika.

Tebing dengan tekstur yang berlekuk-lekuk laksana pahatan ini berawal dari erupsi dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas di tahun 1257 silam. Endapan awan yang membawa berbagai material lalu bertemu dengan dinginnya air laut kemudian terlontar ke daratan sehingga terbentuklah bukit di Pantai Tebing ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Lombok yang Bisa Bikin Awet Muda

Baca juga: 5 Sate Khas Lombok yang Wajib Kamu Coba

foto : Pinterest

Kalau Anda cukup nekat dan ingin memanjat bukit tebing ini, berhati-hatilah terhadap pijakan yang longgar dan berpotensi membahayakan.

3.Desa Sade

Desa kuno di Lombok Tengah ini mempertahankan keaslian adat budaya masyarakat setempat. Namun itu justru menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

Anda dapat melihat kain tenun khas masyarakat setempat, deretan rumah adat hingga atraksi budaya yang akan menyambut kedatangan anda.

Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas desa itu. Anda akan selalu merasa rindu berada di sana.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Lombok yang Bisa Bikin Awet Muda

Baca juga: 5 Sate Khas Lombok yang Wajib Kamu Coba

4. Desa Bayan

Desa tradisional ini menampilkan pesona kearifan lokal masyarakat setempat. Anda akan melihat bagaimana masyarakat di sana berdamai dengan alam. Tidak ada penebangan pohon, tidak ada masyarakat yang membuang sampah di sungai. Semua menjaga dan merawat alam.

Nuansa magis dengan parade budaya dapat ditemukan di sana. Anda juga dapat melihat Masjid Kuno Bayan Beleq yang memiliki arsitektur religius kuno.

Desa tersebut dikelilingi pohon-pohon besar dengan akar yang begitu kuat. Anda begitu merasakan kesakralan tempat di sana.

foto : pinterest

  1. Pantai Semeti

Formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis layaknya dinding kristal yang terdapat di Panet Krypton. Itulah mengapa pantai ini juga dijuluki Pantai Krypton.

Bahkan ada beberapa formasi karang yang bentuknya menyerupai piramida yang mencuat dari permukaan air laut.

Jalur menuju ke sini cukup terjal dan berliku, jadi kenakanlah alas kaki anti selip, karena Anda juga harus melewati tebing karang setinggi 20 meter.

Dan di balik tebing karang itulah fenomena alam Pantai Semeti yang lain daripada yang lain berada.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Lombok yang Bisa Bikin Awet Muda

Baca juga: 5 Sate Khas Lombok yang Wajib Kamu Coba


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait