Asal Usul Pulau Lombok Menjadi Pulau Seribu Masjid

Wisata —Senin, 19 Jul 2021 12:48
    Bagikan  
Asal Usul Pulau Lombok Menjadi Pulau Seribu Masjid
image/pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Julukan Pulau Seribu Masjid pertama kali dicetuskan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Effendi Zarkasih pada tahun 1970,Julukan itu tidak semata-mata di ambil begitu saja tapi berdasarkan atas mayoritas penduduk lombok yang menganut agama islam, dan banyak nya mesjid yang berdiri di lombok
Saat itu Effendi yang sedang melakukan perjalanan dinas untuk meresmikan Masjid Jami Cakranegara di Mataram. Ia merasa terkesima dengan banyaknya masjid yang ia lihat. Dan dalam sambutannya, Effendi menyebut-nyebut pulau Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid. Sejak saat itulah berbagai media pun ikut menyebut Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid. Hingga sekarang, julukan tersubut masih sangat kental dengan nuansa budaya Lombok.
Tapi bukan sekadar julukan, di Lombok memang ada lebih dari 8 ribu masjid yang tersebar di 4 kabupaten,keberadaan mesjid dipulau lombok merupakan representasi budaya suku sasak yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

BACA JUGA: Pembangunan Sirkuit Mandalika Hampir Selesai untuk ajang MotoGP


Kehidupan suku Sasak sebagai suku asli Lombok sangat dekat dengan masjid. Masjid bagi mereka merupakan artefak penting yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan dalam semua aspek. Masjid dianggap sebagai tanda keberadaan masyarakat Sasak dari tingkatan dusun, desa dan kota sebagai umat muslim. Islam hadir dan diterima masyarakat Lombok dengan baik.

Sebelum Islam masuk ke Lombok, masyarakat menganut kepercayaan mistis-animisme. Saat Islam diperkenalkan, masyarakat menganggap Islam sangat cocok dengan bisa diterapkan dalam kehidupan mereka. Sejak saat itu, masyarakat Lombok menganggap masjid sebagai tempat beribadah dan bagian dari reprepresentasi budaya mereka. Nggak heran jika masyarakat lombok senang menyisihkan penghasilan mereka untuk membangun masjid.SN

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait