Salesman Hebat (parts 2), Cara Jitu Cari Uang atau Karir Sesuai Ajaran Nabi

Pendidikan —Sabtu, 14 Aug 2021 16:03
    Bagikan  
Salesman Hebat (parts 2), Cara Jitu Cari Uang atau Karir Sesuai Ajaran Nabi
Image/Pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK


By Mas Haji

Para nabi dan para sahabat adalah para profesional yang memiliki keahlian dan pekerja keras. Profesi nabi Idris adalah tukang jahit dan nabi Daud adalah tukang besi pembuat senjata. Rosululloh SAW sendiri menurut sirahnya adalah Pebisnis Ulung, Pedagang handal.
Beliau terbiasa berkelana dari Mekah ke daerah gurun di sekitarnya Syam dan lainnya. Di bawah terik gurun pasir bersama para kabilah untuk berdagang/berbisnis.

Kunci sukses Rosululloh dalam berdagang/bisnis yang bisa kita teladani, selain pekerja keras dan profesional adalah :

1) Beliau mempunyai sifat Siddiq.

Dapat di percaya dan jujur, bahkan beliau dapat gelar "Al Amin" orang yang sangat bisa di percaya, sejak sebelum di angkat sebagai nabi dan rosul.
Pekerjaan apapun pasti sukses kalau kita bisa berkomitmen seperti ini. Banyak sekali salesman yang tergelincir karena hilang kepercayaan ini. Bisa karena tidak jujur, atau gara gara tidak disiplin, atau masalah uang, dan yang umum karena tidak menepati janji. Mau sukses ayo tiru sifat nabi ini, semoga makin berkah.

2) Nabi mempunyai sifat Fathonah.

Pintar dan cerdas. Sifat ini sangat dibutuhkan untuk bisa menggali dan mengetahui lebih dalam dan lebih luas tentang kehebatan produk, besarnya pasar suatu produk serta konsumen yang makin beragam kemauan dan kebutuhannya. Data data kondisi wilayah, budaya dan karakter setiap daerah, suku makin mudah di dapat. Jadi, kepintaran dalam membidik pasar, pendekatan ke calon konsumen menjadi kunci untuk sukses.


Baca juga: Info Kesehatan, Inilah Manfaat Kulit Sayuran Bagi Tubuh

Baca juga: Inilah Sejarah Mengapa Hari Minggu Ditetapkan Sebagai Hari Libur, Berikut Penjelasannya

Baca juga: Sejarah komputer Generasi Kelima, Ini Penjelasannya


3) Sifat Amanah

Orang yang amanah pasti akan lebih diperhatikan dan di sayang pimpinannya. Setuju!.
Jadi kalau karir mau maju. Tegakan amanah dan imbangi dengan prestasi yang baik. Kerja bagus, jual banyak tidak cukup untuk bekal sukses. Kedekatan pimpinan yang utama. Jangan menjilat!! Ini banyak terjadi, carilah perhatian pimpinan dengan prestasi terbaik. Selalu berusaha capai target di atas rata rata dan konsisten.
Pimpinan minta kerjakan A anda beri A itu biasa! Berilah ABC, berilah selalu hasil dan pilihan yang terbaik, lebih dari yang diminta.

4) Sifat Tabligh

Mampu melakukan komunikasi yang baik. Dunia sales, dunia marketing, komunikasi paling utama. Harus pintar dan cerdas dalam komunikasi, memilih kata kata, komunikasi yang efektif. Cepat, ringkas, tepat! Ingat klien konsumen kita ngga mau lagi berlama lama mendengar ocehan salesman.
Masih banyak salesman yang over talk, kebanyakan yang tidak penting diomongin, membosankan. Ayo latih terus kecerdasan mulut dan pena dalam berkomunikasi.

“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil dan siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza Wajalla (H.R. Ahmad).
Insha Alloh, kalau bisa istiqomah terus perbaiki diri dalam bekerja ikuti sunnah Nabi SAW, sukses dunia akhirat. Amin

Jakarta, Agustus 2021

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait