Cara Bermain dan Peraturan Bulutangkis

Olahraga —Rabu, 28 Jul 2021 16:57
    Bagikan  
Cara Bermain dan Peraturan Bulutangkis
image/pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK 

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda ) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan untuk mengalahkan bola permainan (“kok” atau “ shuttlecock “) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama


Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
Putra tunggal
tunggal putri
Ganda putrah
Ganda putri
Ganda campuran
Lapangan dan jaring
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan memiliki ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada memiliki ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras dengan warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning Permukaan lapangan disarankan dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak disarankan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang memiliki ketebalan 75 mm harus berwarna putih.


Perlengkapan:
Raket Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.


Senar Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan gaya 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.


Kok Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik.

BACA JUGA: Sejarah Bulutangkis dan Perkembangan nya di Indonesia


Sepatu Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.
Memainkan bulu tangkis

Area permainan
Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.
Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.
Tujuan permainan adalah untuk mengalahkan sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar. Bila kok jatuh di luar daerah tersebut maka kok dikatakan "keluar".


Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.
Permainan berakhir bila satu pemain/pasangan telah meraih beberapa poin tertentu.
Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam, yaitu: 1. Pegangan forehand (pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
Backhand Pegangan Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.


Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
Raket pegangan yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis . Cara pegangan raket yang adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan dengan luwes, rileks, namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. pegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok). pegangan Anda kuat dengan teknik ini , tetapi akan membuat pukulan yang lemah dan menghasilkan pukulan yang keras (smash) dan sulit pula dalam mengontrol bola dengan baik .


Jenis Pegangan Raket Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktik, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand . Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini.
cara memegang terlebih dahulu, kemudian baru belajar cara memegang backhand. Pada akhirnya untuk pemain yang sudah mahir dan mahir akan terlihat memegang raket hanya satu genggaman saja. Ini terjadi karena pergeseran pegangan tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis . Pegangan raket yang benar dan memanfaatkan tenaga tangan pada saat kok untuk meningkatkan kualitas pukulan dan kecepatan kecepatan dapat meningkatkan kok.

BACA JUGA: Simak! Orang-Orang Terkaya di Dunia Beserta Fakta Menariknya


Hasil gambar untuk cara memegang raket

Cara Memegang Raket dengan teknik “ Forehand “
Pegang raket dengan cara seperti “jabat tangan” atau Bentuk “V”.
Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.
kenyamanan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.
Cara Memegang Raket dengan teknik ” Backhand “
Untuk pegangan backhand, geser “V” tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.


Pukulan smash dengan kekuatan penuh :
Kontak poin harus tinggi dan pastikan berada di depan badan si pemain
Pada saat memukul, pukulan tangan dengan cepat ke bawah dan ke arah dalam, kepala raket mengenai kok langsung pada posisi tegak lurus terhadap kok.
Saat memukul kok, harus mengenakan tangan dan tenaga mesti fokus, jari-jari memegang pegangan dengan cukup ketat untuk menambah “ledakan” dan kecepatan kepala raket.


Posisi pegangan raket (grip) saat smash:
Pegangan (grip) harus santai dulu karena begitu kita baru bisa menggunakan tenaga tangan secara keras kebawah,
Pakailah pegangan yang sesuai dengan gaya masing-masing pemain,
Jangan pegang ujung raket terlalu keras karena saat smash gerakan akan menjadi kaku.
Sebelum smash pegangan harus relaks, per-erat jari-jari tangan hanya pada saat pemukulan kok saja.
Teknik smash saat meloncat sama dengan smash tanpa meloncat . Perbedaannya hanya pada membaca titik fokus kok dan arah bola pada saat smash loncat (melompat smash) lebih tajam dan cepat .


Teknik Pukulan Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulutangkis dengan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu: 1. Pukulan Servis Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Macam-macam pukulan pukulan servis, yaitu: a. Pukulan servis pendek b. Pukulan servis panjang c. Pukulan servis mendatar d. Pukulan servis cambuk


Pukulan Lob Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: a. Overhead lob , yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang. B. Underhand lob , yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.

BACA JUGA: Ini dia Beberapa Suku di Indonesia, ada Jawa Hingga Sunda

Layanan daerah
Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki areaservis yang berbeda seperti yang diilustrasikan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan “keluar” dan poin untuk penerima servis.
Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol.
Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.


Untuk partai ganda , beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin :
Sistem pindah bola
Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama" . Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan.
Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi “orang pertama” saat melakukan servis.
Setiap pasangan memiliki dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk setiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada setiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh “orang pertama”.


Sistem reli poin
Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
Pelayanan yang dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang diraih oleh pasangan tersebut.
Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya yang diraih oleh lawan.


Sistem perhitungan bulu tangkis
Sejak Mei 2006, berlaku di seluruh dunia secara resmi menggunakan sistem perhitungan 3×21 reli poin . Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set. Sistem perhitungan poin bulu tangkis telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari sistem klasik pindah bola 15 poin sampai sistem terbaru, sistem reli 21 poin.


Sistem klasik
Sistem ini berlaku sampai tahun 2002 sebelum diganti dengan sistem 5×7 poin. Sistem yang berlaku adalah sistem pindah bola atau dengan kata lain hanya pemain/pasangan yang melakukan servis yang dapat meraih poin.
Seorang/sepasang pemain akan memenangkan pertandingan bila telah memenangkan dua set permainan. Dengan sistem perhiutngan poin tiap setnya sebagai berikut :


Untuk partai tunggal putra dan semua partai ganda
Satu set terdiri dari 15 poin.
Bila terjadi kedudukan 13 sama, pemain/pasangan yang lebih dulu mencapai angka 13 akan menentukan apakah terjadi jus 5 (permainan akan berakhir pada poin 18) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 15).
Bila terjadi kedudukan 14 sama, pemain/pasangan yang lebih dulu mencapai angka 14 akan menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akan berakhir pada poin 17) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 15).
Bila keputusan jus telah diambil pada kedudukan 13 sama, maka tidak ada penambahan poin lagi bila terjadi kedudukan 14 sama.

BACA JUGA: Olimpiade Tokyo 2020


Untuk partai tunggal putri
Satu set terdiri dari 11 poin.
Bila terjadi kedudukan 9 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 9 akan menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 11).
Bila terjadi kedudukan 10 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 10 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 11).
Bila keputusan jus telah diambil pada kedudukan 9 sama, maka tidak ada penambahan poin lagi bila terjadi kedudukan 10 sama.
Sistem 5×7 poin
Sistem ini hanya berlaku dari Januari sampai Agustus 2002.
Sistem yang berlaku adalah masih sistem pindah bola atau dengan kata lain hanya pemain/pasangan yang melakukan servis yang dapat meraih poin, namun berbeda dengan sistem klasik, seorang/sepasang pemain baru akan memenangkan pertandingan bila telah memenangkan tiga set permainan.
Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal maupun ganda untuk putra atau putri. Dengan perhitungan poin tiap setnya sebagai berikut:


Satu set terdiri dari 7 poin.
Bila terjadi posisi 6 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 6 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 8) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 7).
Kembali ke sistem klasik Mulai Agustus 2002, sistem perhitungan kembali ke sistem klasik dengan sedikit perubahan:
Untuk partai tunggal putra dan semua partai ganda
Satu set terdiri dari 15 poin.
Bila terjadi posisi 14 sama, pemain/pasangan yang lebih dulu mencapai angka 14 akan menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akan berakhir pada poin 17) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 15).
Untuk partai tunggal putri
Satu set terdiri dari 11 poin.
Bila terjadi posisi 10 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 10 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 11).
Sistem reli 3×21 poin
Sistem ini mulai diberlakukan pada bulan Mei 2006. Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri.
Sistem yang berlaku adalah sistem reli poin atau dengan kata lain setiap pemain melakukan kesalahan, lawan langsung memperoleh poin.
Seorang/sepasang pemain akan memenangkan pertandingan bila telah memenangkan dua set permainan. Dengan sistem perhitungan poin tiap setnya sebagai berikut:


Satu set terdiri dari 21 poin.
Bila terjadi kedudukan 20 sama, otomatis akan terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 22).
Jus 2 akan otomatis diberlakukan bila kemudian terjadi lagi kedudukan sama (permainan akan berakhir dengan selisih 2 poin).
Bila kedudukan 29 sama, tidak lagi berlaku jus (permainan akan berakhir pada poin 30).
Taktik dan strategi permainan.
Pukulan overhead, selain lob dengan sedikit mengubah grip dan arah raket/putaran raket, bisa pula melakukan pada posisi underhand yang baik. Selain melakukan netting, cara ini juga bisa dilakukan dengan flick.
Penguasaan pukulan dasar dan variasi akan terasa manfaatnya sekali saat mulai bermain dalam permainan (hitungan). Berpikir dan selalu menggunakan taktik yang tepat, agar bisa mematikan lawan dan pertandingan pertandingan. Berikut beberapa tips dan taktik permainan, untuk permainan tunggal maupun ganda


STRATEGI PERMAINAN TUNGGAL / TUNGGAL
melakukan pukulan dengan posisi selalu berada di belakang bola
Sudah berada di tengah lapangan sebelum lawan terkena bola; dan
Sebaliknya berusaha untuk cepat berada pada posisi pukulan sebelum lawan kembali ke tengah, atau dalam posisi siap melakukan serangan yang mematikan.


Pekerjaan kaki yang teratur dan cepat. Karena gerakan-gerakan yang cepat ini bisa berlangsung untuk jangka waktu lama, maka stamina yang diperlukan mencukupi. Tak bisa, gerak kaki yang cepat, teratur, dan stamina yang kuat merupakan dominan yang dibutuhkan seorang pemain tunggal.
STRATEGI PERMAINAN GANDA / GANDA
Memiliki kecepatan, refleks pukulan, serta power yang besar. INILAH tiga modal utama untuk bisa menjadi pemain ganda yang baik, meski footwork-nya kurang baik


Seorang pemain tunggal yang baik belum tentu bisa menjadi pemain ganda yang baik.
Permainan ganda memiliki jenis pukulan yang bersifat khusus.Pukulan cepat seperti: drive,smash,return smash,servis, dan wiping (menyapu)adalah jenis pukulan yang mutlak harus dikuasai dengan keterampilan Anda seorang pemain sejati .
STRATEGI DAN TAKTIK BERMAIN GANDA :
Siapa yang bisa menyerang lebih dulu, dialah yang akan menang .”
Pertahanan yang terbaik adalah dengan menyerang
Ganda permainan yang mengandalkan kerjasama. Pukulan harus dirancang, kemudian mematikan lawan dengan pukulan dari hasil kerja sama yang solid

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait