Makanan dan Oleh-oleh khas Lombok yang Lezat

Kuliner —Senin, 6 Dec 2021 15:11
    Bagikan  
Makanan dan Oleh-oleh khas Lombok yang Lezat
pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK.COM- Lombok, Nusa Tenggara Barat sangat terkenal di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri. Wisata pantainya yang eksotis dan keindahan bawah lautnya membuat semua orang terpukau.

Selain alamnya yang sangat cantik dan indah. Makanan dari Lombok juga tentu jangan dilupakan. Makanan dari Lombok memiliki karakteristik mirip dengan makanan Bali dari penggunaan rempah dan cita rasanya yang sangat tajam.

Ada beberapa makanan khas Lombok yang sampai kamu lewatkan ya!.

1. Ayam Taliwang

Makanan ini adalah salah satu yang sangat familiar di penjuru negeri. Di Lombok, makanan ini hamper ada di semua restoran maupun warung makan di daerah sana. Ayam taliwang terkenal dengan cita  rasanya yang pedas dan gurih. Ada beberapa cara penyajian juga untuk menikmati makanan khas Lombok satu ini. Pedas manis, plecingan sambal lima dan lainnya.

Baca juga: Salah Satu Pantai Unik di Dunia, Ini Pesona Pantai Pink Lombok

2. Nasi Balap

Nasi Balap adalah makanan khas Lombok yang merupakan nasi putih yang disajikan dengan suwiran ayam berbumbu pedas, kentang kering, kacang kedelai goreng dan juga telur. Rasa dari Nasi Balap ini cenderung pedas yang dihasilkan dari ayamnya.

3. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput lautmenjaddi salah satu kuliner khas Lombok yang banyak ditemukan. Uniknya, dodol ini berbahan utama rumput laut. Meskipun berbeda dengan dodol lainnya, dodol rumput laut ini tetap nikmat. Katanya, dodol ini juga aman untuk penderita diabetes karena rasa manisnya berasal dari manis alami yang dihasilkan dari bahan pembuatan dodol rumput laut ini.

Baca juga: Menangkap Jelmaan Putri Mandalika di Tradisi Bau Nyale

4. Kopi Prabe Lombok

Oleh-oleh khas Lombok ini memiliki ciri khasnya sendiri.  Kopi ini berasal dari dusun Prabe ciri khas dari kopi ini adalah memiliki rasa manis dan pahit yang seimbang di lidah. Juga memiliki aroma yang sangat khas. Kopi ini juga terkenal dengan ampasnya yang tidak begitu banyak.

5. Bebalung

Makanan ini adalah makanan khas Lombok yang dipercaya bisa menambah tenaga ddan vitalitas. Nama bebalung sendiri diambil dari istilah “Bebalung” dari Bahasa sasak yang artinya adalah tenaga. Makanan ini terbuat dari tulang iga sapi. Makanan ini juga sekilas memang mirip dengan gulai  atau soto daging. Namun ada bumbu rahasia yang membuat makanan ini beda dari yang lainnya.

DIatas adalah beberapa makanan dan oleh-oleh khas Lombok yang bisa kamu coba. –zz-

Baca juga: Cerita Seram Lukisan The Rain Woman yang Membuat Cemas dan Ketakutan

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait