Resep Makanan Kue Talam Ubi Ungu Khas Indonesia

Kuliner —Sabtu, 27 Nov 2021 15:04
    Bagikan  
Resep Makanan Kue Talam Ubi Ungu Khas Indonesia
image/ pinterest

DepostLombok

 Kue Talam adalah salah satu jenis makanan atau cemilan jajanan tradisional khas Indonesia. Kue ini paling mudah dijumpai di pasar-pasar. Kue talam memiliki tampilan yang sangat cantik, sehingga menarik banyak orang. Selain itu juga tekstur yang lembut dan agak kenyal.

Ada banyak jenis kue talam yang beredar di pasaran, seperti kue talam tepung beras, kue talam pandan gula merah, kue talam singkong, dan yang paling familiar sekali adalah kue talam ubi ungu. Berbagai macam nama tersebut diberikan sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membuat kue talam.


Dan kali ini depostlombok  ingin memberikan resep serta cara membuat kue talam ubi ungu. Ubi ungu selain memiliki warna yang cantik dan rasa yang manis, juga bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Salah satu olahan ubi ungu adalah dibuat menjadi kue talam yang super lembut.


Resep Kue Talam Ubi Ungu

Resep dan cara membuat kue talam ubi ungu yang super lembut dan lumer saat dimakan.

Bahan-bahan:

Bahan Lapisan Ungu

250 gram ubi ungu

300 ml air santan atau secukupnya sampai adonan kental

1 lembar daun pandan diikat simpul

125 gram gula pasir

100 gram tepung tapioka atau kanji

50 gram tepung beras

1/2 sendok teh garam

Baca juga: Keunikan Taman Wisata Pusuk Sembalun

Baca juga: Film Series Teluk Alaska, Berkisah Sahabat Masa Lalu

Bahan Lapisan Putih

250 ml air santan

1 lembar daun pandan diikat simpul

75 gram tepung beras

25 gram tepung tapioka atau kanji

1/4 sendok teh garam


Cara Membuat:

Cara Membuat Lapisan Ungu

 Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat lapisan ungu. rebus air santan dan 1 lembar daun pandan sampai mendidih. sisihkan hingga agak hangat. Kupas ubi ungu, potong kecil-kecil lalu kukus hingga matang.

Setelah dikukus, haluskan ubi ungu dengan ulekan atau diblender dengan air santan sekalian sampai benar-benar halus. sisihkan. Siapkan wadah besar dan campurkan gula pasir, tepung tapioka, tepung beras, dan garam. aduk rata.


Tuang campuran santan dan ubi ungu yang telah dihaluskan ke dalam adonan tepung. Aduk rata menggunakan spatula sampai tercampur dan adonan lembut. jika terlalu kental, bisa tambahkan sedikit air santan lagi.

Kemudian saring adonan agar hasilnya lebih lembut. Setelah adonan lapisan ungu jadi, panaskan pengukus dan siapkan cetakan kue talam.

Tuang adonan lapisan ungu ke dalam cetakan dan jangan sampai terlalu penuh karena di atasnya untuk lapisan putih. Kukus lapisan ungu sampai setengah matang matang selama 15 menit.

Sambil menunggu lapisan ungu, buat terlebih dahulu lapisan santannya.


Cara Membuat Lapisan Putih

 Rebus air santan dan 1 lembar daun pandan sampai mendidih. diamkan hingga agak hangat. sisihkan. Siapkan wadah lalu campurkan tepung beras, tepung tapioka, dan garam.

Tuang air santan ke dalam adonan tepung dan aduk rata menggunakan whisk sampai larut dan tidak ada gumpalan. Kemudian saring adonan santan agar hasilnya lebih lembut.

Setelah 15 menit lapisan ungu dikukus, buka tutup pengukusnya lalu tuang lapisan putih santan di atasnya. Kukus kembali talam ubi ungu hingga benar-benar matang selama 25 menit.

Setelah matang, angkat cetakan dari dalam pengukus dan diamkan hingga dingin. Jika sudah agak dingin, baru keluarkan kue talam ubi ungu dari dalam cetakan.

Kue talam ubi ungu siap disajikan.

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait