Resep Makanan Mie Goreng Jawa Sederhana

Kuliner —Jumat, 10 Sep 2021 13:32
    Bagikan  
Resep Makanan Mie Goreng Jawa Sederhana
image/ pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Makanan yang menjadi incaran setiap orang yaitu mie. Banyak orang yang memilih makanan ini ketika udara dingin bahkan ketika hujan turun. Bagi mereka yang mengonsumsi mie ketika waktu tertentu memiliki berbagai alasan.

Mie juga memiliki beberapa jenis, ada mie instan, mie ayam, mie kuah, mie goreng dan masih banyak lagi. Namun kali ini DEPOSTLOMBOK  akan membahas tentang mie goreng jawa. Mie sama seperti makanan yang lainnya memiliki jenis daerah asalnya. Banyak daerah yang mengolah berbagai mie, seperti mie goreng jawa ini.


Tentunya seperti namanya mie jawa, mie ini berasal dari jawa. Meskipun mie ini memiliki ciri khas masing-masing disetiap daerahnya. Cita rasanya sama-sama lezat dengan kaya akan rempah-rempah Indonesia.

Olahan mie jawa dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat makan apalagi di daerah jawa. Tetapi, kamu dapat mencoba mie goreng jawa tanpa harus keluar rumah. Dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah kamu dapat membuat mie goreng jawa dengan cara membuatnya sebagai berikut.

Bahan-bahan:
- 1 bungkus mie telur
- 1 ikat sawi hijau potong-potong
- 2 butir telur kocok
- 5 butir bakso iris tipis
- 1 tangkai daun bawang rajang kasar
- Secukupnya kecap manis
- Secukupnya merica
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt kaldu bubuk
- Secukupnya garam

Baca juga: Resep Olahan Oat Meal ala Diet

Baca juga: Nomor Punggung: antara Ikon dan Angka Keramat

Baca juga: Resep Makanan Donat Rumahan Anti Ribet



Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 butir kemiri

Cara membuat:
- Rebus mie hingga lunak lalu tiriskan, siapkan wadah, campur mie dengan kecap manis, saus tiram, merica, garam, kaldu bubuk dan 2 sdm minyak goreng, aduk rata lalu sisihkan.
- Panaskan minyak, masukan telur kocok, bikin orak arik, sisihkan di pinggir wajan, masukan bumbu halus, tumis hingga harum.
- Campurkan kembali telur ke tengah wajan, masukan bakso, aduk rata, masukan sawi hijau lalu masukan juga mie dan daun bawang, aduk hingga semua rata dan sayuran matang.
- Jangan lupa tes rasanya, jika rasa sudah pas dan bumbu sidah merata angkat dan sajikan.(PUT)

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait