5 Jenis Makanan yang Ada Sejak Zaman Penjajahan

Kuliner —Minggu, 15 Aug 2021 09:18
    Bagikan  
5 Jenis Makanan yang Ada Sejak Zaman Penjajahan
5 Jenis Makanan yang Ada Sejak Zaman Penjajahan | pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Indonesia selain kaya akan kebudayaan dan adat istiadat, kaya akan kulinernya dengan rempah-rempah khas Indonesia. Ternaya di Idonesia ada beberapa makanan yang sudah ada sejak zamn penjajahan bahkan hingga terkenal pada saat itu.

Zaman penjajahan memang sudah berakhir tapi masih ada sisa-sisa dari peristiwa tersebut. Bukan senjata atau bom yang masih tertinggal di Indonesia melainkan makanan.

Penjajah yang berusaha mengusai Indonesia banyak membawa pengaruh mulai dari kebudayaan bahkan hingga makanan. Berikut 5 Makanan yang Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan.

  1. Nasi Jagung

foto : pinterest

Sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang belum tahu makanan yang satu ini. Padahal makanan ini sudah ada sejak zaman penjajahan. Makanan ini dibilang unik, karena bisanya nasi itu terbuat dari beras. Nasi ini ternyata terbuat dari jagung.

Nasi jagung bisa dikonsumsi untuk menjadi pengganti nasi biasa atau nasi beras. Dengan kandungan karbohidrat didalam nya menjadi salah satu alasan orang-orang zaman dulu mengonsumsi nasi jagung.

  1. Lapis Legit

foto : pinterest

Makanan ini sudah cukup terkenal dari zaman penjajahan hingga sekarang. Bedanya pada zaman penjajahan makanan ini dikenal dengan spekkoek.

Makanan ini menjadi makanan tradisional Indonesia. Pertama kali kue basah ini ada sejak zaman kolonial Belanda yang terinspirasi dari kue Eropa. Maka dari itu cita rasanya mirip dengan kue Eropa, tapi ada rasa rempah-rempah di dalamnya.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Minggu 15 Agustus 2021, Aries sedikit Stress

Baca juga: Drama Korea The Witch’s Diner Episode 8 Finnale Sub Indo, Akhirnya Salah Paham Bisa Selesai

  1. Semur

foto : pinterest

Semur ini berasal dari bahasa Belanda 'smoor' yang memiliki artinya daging yang direbus dengan bawang dan tomat dalam waktu yang lama. Di Indonesia menjadi berkembang dengan tamabahan rempah-rempah dan tidak hanya daging yang disemur, telur juga bisa bahkan semur jengkol.

Sejarah menunjukkan bahwa hidangan daging rebus berbumbu di Indonesia ternyata telah dikenal sejak abad ke-9 Masehi.

  1. Perkedel

foto : pinterest

Makanan ini sebenarnya berasal dari Belanda, gorangan berbahan kentang. Istilah penamaan perkedel sendiri berasal dari Bahasa Belanda “Frikadel”. Dengan adanya makanan ini menjadi salah satu bukti bahwa Belanda membawa pengaruh terhadap Indonesia dengan makanannya. Versi asli perkedel ini di Eropa terbuat dengan daging yang dicincang.

  1. Kue Cubit

foto : pinterest

Kue cubit merupakan jajanan yang begitu populer dikalangan masyarakat. makanan ini sebenarnya diadaptasi dari cemilan dari Belanda. Makanan ini juga salah satu dari pengaruh Belanda yang masuk ke Indonesia. (put)

 

Baca juga: Salesman Hebat (parts 2), Cara Jitu Cari Uang atau Karir Sesuai Ajaran Nabi

Baca juga: Info Kesehatan, Inilah Manfaat Kulit Sayuran Bagi Tubuh

Baca juga: Inilah Sejarah Mengapa Hari Minggu Ditetapkan Sebagai Hari Libur, Berikut Penjelasannya

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait