Grontol Jagung Salah Satu Makanan yang Hampir Punah

Kuliner —Kamis, 12 Aug 2021 12:10
    Bagikan  
Grontol Jagung Salah Satu Makanan yang Hampir Punah
Grontol Jagung Salah Satu Makanan yang Hampir Punah | pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Indonesia terkenal dengan keberagaman kebudayaan, kepercayaan hingga kuliner. Salah satu kuliner Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat, tapi apakah kamu tahu bahwa makanan ini salah satu makanan yang hampir punah? Makanan ini dikenal sebagai grontol jagung.

Perlu kamu ketahui bahwa nama asli makanan yang satu ini yaitu grontol. Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini cukup populer pada masanya.

Jajanan ini biasanya banyak dijual di pinggiran jalan dengan tarif yang sangat terjangkau untuk kalangan anak sekolah. Makanan ini tentu digemari oleh masyarakat Indonesia tanpa melihat status sosial mereka.

Grontol merupakan makanan tradisional yang berbahan jagung yang direbus dan tambahan parutan kelapa. Makanan ini sempat populer di tahun 2000an dengan nama lain jagung susu keju. Maka dari itu grontol jagung sudah tidak begitu dikenal banyak orang.

Jagung susu keju ini hampir sama seperti grontol tapi bedanya jagung susu keju ini tidak menggunakan parutan kelapa melainkan menggunakan parutan keju dan tambahan susu kental manis.

Baca juga: Resep Makanan Tempe Mendoan Gurih dan Mudah

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 12 Agustus 2021, Libra Sedikit Sesak di Dada, Gemini Lebih Hemat Lagi

Baca juga: Resep Cemilan Klepon Martapura ala Rumahan

Grontol jagung ini memiliki filosofi. Makanan ini menggambarkan pemikiran seseorang. Seperti tanaman jagung pikiran seseorang pun harus disiram, dipelihara dan dijaga dengan baik.

Pemikiran seseorang dapat berubah menjadi negative jika tidak dipelihara dan dijaga dengan baik. Seperti tanaman jagung memerlukan tanah yang di cangkull, air bahkan dijaga dan di pelihara.

biji jagung yang telah ditanam harus ditutup dengan tanah. Artinya adalah biji jagung harus menanggung beban tanah yang ditimbunkan. Sejak jagung ditanam untuk keluar dari tumpukan tanah itu tentunya membutuhkan air. 

Jika mampu keluar, ia akan menjadi jagung yang muda, tetapi untuk tumbuh dan menjadi lebih berharga ia harus diberi pupuk. Begitupun dengan pemikiran seseorang. (put)

 

Baca juga: Daftar 5 Tempat Paling Angker di Indonesia yang Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Leonard Kleinrock, Sang Penemu Internet Pertama Kali

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait