Kopi Arabika Sembalun,Kopi Khas Lombok yang Rasanya Nikmat Memikat

Kuliner —Jumat, 23 Jul 2021 12:52
    Bagikan  
Kopi Arabika Sembalun,Kopi Khas Lombok yang Rasanya Nikmat Memikat
Sumber foto pinterest

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK
Bagi anda para penikmat kopi, belum lengkap rasanya jika anda berkunjung ke pulau lombok tanpa menikmati kopi khas dari sana.
Tahukan anda kalau ternyata lombok memiliki kopi yang khas yaitu kopi Arabika Sembalun.

Mungkin tidak banyak yang tau kopi yang berasala dari desa sembalun di kaki gunung rinjani ini sedikit terlupakan, karena tidak banyak orang yang tau kalau sembalun adalah salah satu kota pengahasil kopi.

Baca juga: Sejarah Batik Sasambo dan Nasib nya Sekarang

Baca juga: Daftar Destinasi Wisata di Lombok Dengan Tarif Yang Murah, Dijamin Puas

Popularitasnya kalah jauh dengan Kopi Java, Kopi Toraja, Kopi Gayo, Kopi Wamena, Kopi Kintamani, Kopi Sidikalang, Kopi Lanang, dan Kopi Sumatera. Namun jangan salah jika kita mencicipi kopi Arabika dari Sembalun ini dipastikan akan jatuh hati dan ketagihan dengan cita rasa asamnya yang terasa kuat.

Saat ini, kopi arabika Sembalun seolah-olah masih tertidur lelap setelah pada 1962 sempat ditanam oleh warga melalui program pertanian dan perkebunan sejenis kredit usaha tani (KUT) saat itu. Namun pada 1967 akibat para petani tidak mampu membayarnya, hingga mereka menggantinya dengan lahan kopinya dan diberikan

Baca juga: Simak Yuk! Tips Melindungi Mata Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Baca juga: Kue Khas Lombok dengan Bentuk Terunik, Ada yang Mirip Teropong Loh

Sejak itulah para petani berhenti untuk menanam kopi ,namun pohon kopi itu tetap tumbuh dan berbuah meski tidak diurus seperti lazimnya pohon kopi. Warga pun masih diperbolehkan untuk memetik buahnya. Buah kopi itu untuk minum sehari-hari karena meminum kopi di daerah itu sudah menjadi budaya.

Ada juga beberapa dari petani di Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung yang sengaja membawa bibit kopi tersebut dan ditanam di depan rumahnya untuk sekadar penghias halaman rumah. Paling tidak di satu rumah ada yang menanam antara 1-4 pohon. Hasilnya digunakan sendiri atau barter dengan kebutuhan sehari-hari di pasar.

Baca juga: Film Indonesia Bumi Manusia, Adat Tradisi dan Pengorbanan Yang Terikat Oleh Peraturan

Baca juga: 5 Benda Di dalam Rumah yang di Percaya Membawa Hoki, Pembawa Rezeki


Walaupun popularitasnya masih kalah dibanding kopi lainnya yang ada di Indonesia, namun cita rasa kopi Sembalun ini tidak kalah enaknya.
Cita rasa asamnya yang kuat membuat orang yang mencicipinya langsung ketagihan.

Karena di tanam pada ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut, kopi ini tumbuh subur dan menghasilkan kopi arabika yang rasa rempah, caramel dan coklat. Kopi Sembalun dikategorikan sebagai kopi single origin yang berasal dari Desa Sajang Sembalun dengan varietas Arabica Typica.

Bagi orang asli Rinjani atau orang Sasak menyebut Kopi Robusta sebagai kopi Jamaq atau kopi biasa.

Budaya minum kopi Suku Sasak juga termasuk unik, minum kopi sebagai pengganti sarapan di pagi hari sebelum pergi menggarap sawah atau ladang.

Baca juga: 5 Pantai Di Lombok dengan Senja Terindah

Baca juga: 7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib di Bawa Pulang, Ada Makanan Hingga Kerajinan Tangan

Supaya mengandung kalori, bubuk kopi dicampur beras dan kelapa, sehingga dalam satu gelas kopi juga memberikan energi bagi peminumnya.

Selain untuk konsumsi belakang ini ada juga yang menjual untuk oleh -oleh atau diminum langsung di kedai-kedai kopi tepi pantai sambil menikmati keidahan pantai lombok.

Nah, kalau datang berwisata ke Sembalun, Lombok, jangan lupa mencicipi kopi Sembalun supaya bisa merasakan jatuh cinta dengan cita rasanya.(NN)

Baca juga: Yuk Cobain, Makanan Hitz di Drama Korea: Resep Jajangmyeon Korea Halal Yang Mudah Dibuat

Baca juga: 5 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh khas Lombok Yang Wajib Dikunjungi, Paling Lengkap dan Favorit

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait