Kue Khas Lombok dengan Bentuk Terunik, Ada yang Mirip Teropong Loh

Kuliner —Jumat, 23 Jul 2021 11:23
    Bagikan  
Kue Khas Lombok dengan Bentuk Terunik, Ada yang Mirip Teropong Loh
Kue Khas Lombok dengan Bentuk Terunik, Ada yang Mirip Teropong Loh (sumber foto: pinterest)

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK

Lombok dikenal sebagai kota dengan sejuta tempat wisata indah, salah satunya adalah Taman Nasional Komodo. Selain itu, kota ini juga menyediakan makanan khas yang unik dan mesti dicoba. Beberapa contohnya antara lain :
1.       Kue Cerorot
Kue cerorot berasal dari Lombok, tapi dapat ditemukan di Jawa Tengah. Perbedaannya adalah isi yang ada di dalamnya. Di mana untuk khas Jawa Tengah, isinya lebih ke buah jenis lain. Sementara itu untuk kue cerorot Lombok hanya menggunakan buah rotan.
Karena bahan bakunya buah, maka rasanya manis sekali. Adapun menikmatinya mesti disedot sedalam mungkin, sehingga disebut sebagai cerorot. Bungkusnya sendiri memakai daun kelapa agar terlihat bagus, namun bungkus tersebut telah dikeringkan.
2.       Kue keong
Dari bentuknya, kue ini bulat dan terdapat gerigi di atasnya. Maka dari itu, masyarakat Lombok mengenal sebagai kue keong. Biasanya kudapan ini disajikan saat menjamu tamu istimewa baik itu pejabat negara atau keluarga jauh. Juga bisa ditemukan di mana pun, apalagi tempat oleh-oleh.
Untuk bahan sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak. Mayoritasnya menggunakan gula pasir, telur ayam, tepung terigu, serta mentega, yang semuanya dicampur dan dibentuk adonan dengan sendok. Terakhir goreng dalam wajan berisi minyak panas.

Baca juga: Film Indonesia Bumi Manusia, Adat Tradisi dan Pengorbanan Yang Terikat Oleh Peraturan

Baca juga: 5 Benda Di dalam Rumah yang di Percaya Membawa Hoki, Pembawa Rezeki


3.       Kue bantal
Kue bantal adalah makanan khas Lombok yang mesti dicoba ketika berkunjung ke sana. Seperti namanya, kue satu ini berbentuk bantal, yang terbungkus oleh  daun kelapa. Di mana isiannya berupa gula merah atau bahan lain.
Adapun lapisan terluarnya berupa beras ketan yang telah dikukus, sehingga bertekstur selayaknya ketupat. Kukusan tersebut membuat bahan halus, dan semua kalangan dapat memakannya termasuk anak bayi.
4.       Kerake
Jika di Ciamis ada wajit, di Lombok tersedia makanan serupa bernama kerake. Kue ini berbentuk selayaknya pocong, dengan bahan baku utama adalah beras ketan yang dicampur gula merah sehingga teksturnya kenyal dan rasanya manis.
5.       Tarek
Tarek tersedia hanya pada bulan ramadan saja. Umumnya sebagai makanan buka puasa karena citra rasanya manis. Namun untuk sekarang, kue tarek dijual bebas di toko makanan. Sebagian besar peminatnya adalah turis lokal.
Harganya sendiri untuk kemasan 150 gr di angka 15 ribu rupiah. Sementara itu bobot 250 gram sekitar 25 ribu rupiah. Banyak toko yang menjual dengan harga lebih dari itu. Tidak sedikit pula toko yang mematok harga rendah.

Baca juga: 20 Drakor yang Wajib Kamu Tonton

Baca juga: 5 Tempat Angker di Sumedang yang Bikin Orang Penasaran


6.       Kue keciput
Kue keciput sering disebut sebagai onde-onde Lombok karena kemiripan bentuknya. Makanan ini akan banyak stok di pasaran ketika lebaran idul fitri tiba. Mengingat kue keciput sendiri adalah hidangan wajib ada untuk menjamu para tamu.
Meskipun dikenal onde-onde Lombok, faktanya ada sedikit perbedaan. Perbedaan terletak pada isian yang mana onde-onde menggunakan kacang hijau. Sementara itu, kue keciput tidak ada isi sama sekali, alias kopong.
7.       Dodol Rumput laut
Garut terkenal sebagai kota dodol. Hampir berbagai rasa dodol ditemukan pada daerah ini. Tapi kebanyakannya berupa coklat, kacang ijo, ketan hitam, dan susu. Karena semuanya sangat digemari dan menguntungkan bagi pengusaha.
Di  sisi lain, Lombok juga punya dodol khas sendiri. Yang jadi pembeda ialah bahannya. Karena Lombok berada di daerah dataran rendah, maka masyarakat cenderung memanfaatkan hasil laut seperti rumput laut. Buah-buahan pun dipakai untuk pengolahan dodol.

Baca juga: Tradisi dan Rumah Adat Suku Sasak

Baca juga: Sejarah MPL dan Pemenang MPL ID Sepanjang Season

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait