Menonton Film Horror dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental

Kesehatan —Sabtu, 11 Dec 2021 14:11
    Bagikan  
Menonton Film Horror dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental
pinterest

DEPOSTLOMBOK.COM- Menonton film horror memang memberikan sensasu tegang pada tubuh. Namun ternyata, film horror bisa memberi pengaruh buruk loh bagi kesehatan mental.

Biasanya, seseorang tang sering menonton film horror akan lebih waspada  dan mampu mengantisipasi banyak hal. Tidak hanya itu, seorang yang mengida-p gangguan kecemasan atau ocd saat menyaksikan film bergenre horror juga dapat membuat mereka lebih mengendalikan ketakutan dan membangun rasa percaya diri.

Itu tadi beberapa contoh manfaat dari menonton film horror. Tapi kamu tetap harus lebih waspada. Karena, film horror bisa memberikan dampak buruk terhadap perilaku, pola [ikir, hingga kestabilan emosi penonton.

Penderita gangguan kecemasan memang bisa merasakan manfaat baik dari menonton film horror. Tapi di sisi lain, film horror justru beresiko memberikan perasaan dan pikiran negative yang membuat mereka menjadi lebih cemas, stress dan mudah panic.

Bagi orang yang sesnsitif, menonton film horror bisa mengusik ketenangannya karena akan cenderung membayangkan ulang adegan yang membuatnya takut, bahkan hingga terbawa menjadi mimpi buruk.

Baca juga: Air Terjun Tiu Kelep, Hidden Place di Kaki Gunung Rinjani

Menonton  film horror juga bisa meningkatkan hormone adrenalin di dalam tubuh. Hal ini membuat kamu lebih susah tidur.

Walaupun menonton film horror bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental, kamu tetap boleh menyaksikannya kok. Ada beberapa tips menonton film horror yang bisa kamu terapkan.

Kamu harus memilih film horror yang cocok denganmu agar bisa menonton dengan lebih nyaman. Kalau kamu takut hantu, pilihlah film yang temanya mengarah ke thriller. Dan berlaku sebaliknya.

Usahakan saat menonton film horror, lampu tetap menyala dan tidak menonton sendiri agar kamu merasa lebih aman. Lalu berpalinglah sesaat ketika ada adegan yang membuatmu takut atau tidak nyaman.

Jika kamu merasa tidak nyaman, jangan memaksakan untuk terus menonton film horror. Dan jangan menonton film horror secara berlebihan dan sampai larut malam. –zz-  

Baca juga: Ini Dia Destinasi Wisata Terbaik di Mandalika!

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait