Manfaat Bawang Putih Bagi kesehatan , Simak Ulasannya

Kesehatan —Jumat, 23 Jul 2021 13:25
    Bagikan  
Manfaat Bawang Putih Bagi kesehatan , Simak Ulasannya
Manfaat Bawang Putih Bagi kesehatan , Simak Ulasannya (pinterest)

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK
Bawang putih mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan ,bawang putiih telah di manfaatkan sebagai bumbu , obat obatan sejak 5000 tahun lalu. Bawang putih dipercaya berasal dari asia tengah lalu menyebar ke penjuru dunia.

Menurut para peneliti, bawang putih sangat sehat dengan kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien.Flavonoid yang terdapat dalam bawang akan menurunkan risiko beberapa penyakit seperti Parkinson, stroke, dan penyakit kardiovaskular.Selain itu, bawang juga mengandung serat, asam folat, antioksidan, dan zat anti bakteri. Di antara sayuran Allium lainnya, bawang bombay lebih sehat. Asupan bawang putih baik untuk kesehatan baik dalam bentuk mentah maupun matang.
Ini dia manfaat bawang putih bagi kesehatan

Baca juga: Jangan Lupa Kunjungi Bangunan Bersejarah di Lombok Ini

Baca juga: Kopi Arabika Sembalun,Kopi Khas Lombok yang Rasanya Nikmat Memikat


1. Tekanan Darah Lebih Baik
Bawang putih memiliki manfaat anti-inflamasi dan membantu aliran darah lebih mudah ke seluruh tubuh.Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan darah turun 10%, ketika partisipan mengonsumsi suplemen bawang putih.

2. Mengobati Keputihan
Manfaat bawang putih mentah yang pertama yaitu mampu mengobati keputihan. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan anti jamur dan juga anti bakteri yang mampu mengobati keputihan berlebih hingga mengeluarkan bau pada wanita. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur.

Baca juga: Sejarah Batik Sasambo dan Nasib nya Sekarang

Baca juga: Daftar Destinasi Wisata di Lombok Dengan Tarif Yang Murah, Dijamin Puas

3. Menurunkan Kadar Kolesterol
Selanjutnya, manfaat bawang putih mentah yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan data dari berbagai studi dan jurnal kesehatan, bawang purih dapat menekan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh sekitar 10 hingga 15 persen. Ini setara dengan konsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari berturut-turut.

4. Mengobati Anemia
Seseorang yang mengalami anemia tentu saja sangat berbahaya. Itulah mengapa penting untuk mengonsumsi makanan yang meningkatkan hemoglobin, salah satunya bawang putih. Kandungan vitamin C, vitamin B1, zat besi dan nutrisi yang ampuh banget hilangkan anemia secara permanen.

Baca juga: Simak Yuk! Tips Melindungi Mata Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Baca juga: Kue Khas Lombok dengan Bentuk Terunik, Ada yang Mirip Teropong Loh

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan imunitas tubuh sangat penting dilakukan supaya terhindar dari beberapa penyakit. Oleh sebba itu, Anda wajib untuk sering mengonsumsi bawang putih. Pasalnya, bawang putih mengandung vitamin C yang menguatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Atasi Masalah Pencernaan
Selain itu, manfaat rebusan bawang putih selanjutnya rupanya juga dapat mengatasi beberapa masalah dalam sistem pencernaan. Salah satunya yakni penyakit wasir yang seringkali dapat mempengaruhi kegiatan.
Sebagai obat alami, Anda dapat mengonsumsi rebusan bawang putih secara rutin sebelum beraktivitas seperti biasa.

Baca juga: Film Indonesia Bumi Manusia, Adat Tradisi dan Pengorbanan Yang Terikat Oleh Peraturan

Baca juga: 5 Benda Di dalam Rumah yang di Percaya Membawa Hoki, Pembawa Rezeki

7. Obat Batuk & Flu
Batuk dan flu merupakan salah satu gangguan ringan yang seringkali dialami oleh banyak orang. Tak heran, berbagai cara akan ditempuh untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk menghilangkan batuk dan flu.
Manfaat rebusan bawang putih diklaim mampu mengobati batuk dan flu secara ampuh apabila juga diimbangi dengan gaya hidup yang bersih dan teratur.

8. Cegah Asma
Manfaat rebusan bawang putih yang kelima adalah sebagai salah satu pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit asma hingga infeksi paru-paru. Sama halnya dengan keputihan, asma pun juga disebabkan oleh bakteri dan patogen yang menginfeksi saluran pernapasan.
Berbagai kandungan antibakteri di dalam bawang putih dapat membunuh penyebabnya. Maka dari itu, penderita asma sebaiknya mengonsumsi rebusan bawang putih secara rutin.

Baca juga: 5 Tempat Angker di Sumedang yang Bikin Orang Penasaran

Baca juga: Tradisi dan Rumah Adat Suku Sasak

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait