Simak Yuk! Tips Melindungi Mata Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Kesehatan —Jumat, 23 Jul 2021 11:35
    Bagikan  
Simak Yuk! Tips Melindungi Mata Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer
Simak Yuk! Tips Melindungi Mata Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer (sumber foto: pinterest)

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK

Kelamaan kerja atau sering bermain di depan komputer dan merasa sering sakit kepala, mata kering/berair, penglihatan burem, leher pegel-pegel sampe sakit pinggang ?? Bisa jadi, kamu mengalami yang namanya Computer Vision Syndrome atau CVS.

Apa sih Computer Vision Syndrome dan bagaimana cara mengatasinya? Computer Vision Syndrome merupakan sekelompok gejala ganguan mata akibat penggunaan komputer atau gadget dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Waspada!! Bagi Wanita Pengguna Skincare

Baca juga: Kesehatan, Melawan Infeksi Pakai Kunyit

Di era digitalisasi sekarang komputer merupakan salah satu benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Entah untuk kebutuhan kerjaan atau sekedar hiburan saja.

Sayangnya terlalu lama menggunakan komputer bisa mengakibatkan kelelahan pada mata sehingga dapat membuat sakit kepala, pusing, mata berair hingga penglihatan kabur.

Baca juga: Kue Khas Lombok dengan Bentuk Terunik, Ada yang Mirip Teropong Loh

Baca juga: Film Indonesia Bumi Manusia, Adat Tradisi dan Pengorbanan Yang Terikat Oleh Peraturan

Kumpulan gejala-gejala diatas diakibat penggunaan komputer secara berlebihan, namanya Computer vision syndrome (CVS). Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan tips berikut yang mungkin bisa membantumu.

1. Atur Kontras dan Kecerahan Layar Monitor

Mengatur kontras dan kecerahan pada layar monitor dapat membuat mata lebih nyaman sehingga dapat mengurangi rasa lelah pada mata. Sebaiknya pencahayaan workstation kamu gak lebih dari 3 kali rata-ata pencahayaam pada monitor.

Baca juga: Sinopsis Antrum 2019 Menceritakan Tentang Perjalanan Kakak Beradik

Baca juga: Kisah Wali Nyatoq dan makam keramat nya

2. Atur Jarak Layar Komputer

Atur jarak layar komputer dengan pandangan sekitar 1 lengan atau 100cm. Sebaiknya posisi layar monitor sejajar dengan mata atau posisinya 15% lebih rendah dari bidang horisontal mata, agar mata dan leher tidak terlalu lelah, jangan sampai posisi layar lebih tinggi dari mata.

3. Pasang antiglare cover pada layar komputer

Antiglare cover dapat membantu mengurangi pantulan cahaya dari layar monitor yang terang dan silau.

Baca juga: 7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib di Bawa Pulang, Ada Makanan Hingga Kerajinan Tangan

Baca juga: Yuk Cobain, Makanan Hitz di Drama Korea: Resep Jajangmyeon Korea Halal Yang Mudah Dibuat

4. Pakai kacamata anti radiasi

Pakai kacamata anti radiasi di lensa kacamata bisa membantu untuk memfokuskan penglihatan. Buat yang memang ada gangguan penglihatan pastikan sudah memakai kacamata dengan ukuran lensa yang sesuai .

5. Atur posisi duduk

Posisi duduk juga menjadi salah satu faktor penting dalam mencegah mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer. Pastikan posisi duduk senyaman mungkin selama berada di depan komputer.

Baca juga: 5 Tempat Angker di Sumedang yang Bikin Orang Penasaran

Baca juga: Tradisi dan Rumah Adat Suku Sasak

6. Senam Mata

Saat melakukan senam mata kamu bisa memakai prinsip 20/20/20. Setiap 20 menit kerja depan komputer pandang objek lain yang jaraknya 20 kaki / 6 meter, selama 20 detik Setiap jam, kamu juga bisa melihat objek jarak jauh selama 10-15 detik kemudian melihat dekat selama 10-15 detik, bergantian diulang 10 kali.

7. Berkedip

Kebanyakan orang berkedip lebih sedikit saat berada di depan layar komputer, hal ini dapat menyebabkan mata kering dan meningkatkan resiko mata lelah. Sebaiknya berkediplah sesering mungkin, karena saat berkedip mata menghasilkan air sehingga mata tetap terhidrasi dan mengurangi resiko mata lelah.

Baca juga: Beberapa Tarian Khas Lombok Nusa Tenggara barat

Baca juga: 3 Menu Sarapan di Sekitaran Lombok yang Bikin Nagih

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait