Kesehatan, Melawan Infeksi Pakai Kunyit

Kesehatan —Rabu, 21 Jul 2021 15:19
    Bagikan  
Kesehatan, Melawan Infeksi Pakai Kunyit
Kesehatan, Melawan Infeksi Pakai Kunyit (ist/rini)

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK
Salah satu masalah kesehatan sering sekalinkarena infeksi bakteri. Infeksi bakteri juga bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit lohh. Infeksi akan terjadi ketika bakteri jahat masuk ke dalam tubuh dan berkembang dengan cepat. Nah, kalua kamu masih bingung bagaimana cara atasi infeksi dengan cepat maka bisa pakai kunyit. Kunyit ini ternyata punya kandungan anti inflamsi dan anti-bakteri. Kandungan tersebut tentu punya peran tersendiri buat sembuhkan.Selain pencegahan infeksi, bumbu dapur berwarna kuning ini mampu menghentikan rasa sakit dan pembengkakan, sekaligus meningkatkan penyembuhan jaringan kulit yang rusak.

Warna kuning-orange cerah yang khas pada kunyit didapat dari kandungan senyawa kimia aktif yang disebut kurkumin. Tapi lebih dari sekedar pewarna, kurkumin juga memiliki manfaat bagi kesehatan.Hasil dari berbagai penelitian menemukan bahwa senyawa tersebut memiliki aktivitas antimikroba. Tak hanya itu, tapi juga efektif melawan bakteri, virus dan jamur.Aktivitas antibakteri pada kurkumin menunjukkan bahwa senyawa kimia ini tak hanya membantu menghentikan infeksi, tapi juga menghambat kemungkinan infeksi lebih lanjut. Caranya dengan bertindak sebagai penghalang dan mengubah mekanisme bakteri masuk ke dalam sel. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat berbagai penyakit

Baca juga: Waspada!! Bagi Wanita Pengguna Skincare

Baca juga: Jenis-jenis Bakso Kekinian Yang Memiliki Bentuk Yang Unik, Ada Yang Mirip Kuburan

1. Mencegah kangker
Curcumin dapat mencegah dan bahkan dianggap bisa mengobati berbagai jenis kanker seperti usus besar, pankreas, prostat, payudara, dan perut. Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam curcumin dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

Curcumin dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang merusak sel akibat radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Para peneliti telah melakukan banyak percobaan pada potensi kunyit sebagai pengobatan komplementer pada pasien kanker.

Mereka juga menemukan bahwa curcumin dapat menargetkan sel-sel kanker dan menghambat kemunculan dan pertumbuhan tumor. Khasiat kunyit juga membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat kemoterapi.

Baca juga: 5 Orang Pemilk Garis Tangan ini Diprediksikan Akan Kaya Raya di Masa Depan

Baca juga: Mengenal Tradisi dan Kebudayaan Unik Yang Hanya Bisa Ditemukan di Pulau Lombok


2. Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.
Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mengatasi masalah kulit
Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit, seperti jerawat, eksim, penuaan dini, dan psoriasis.
Selain itu, masih ada beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan, seperti mencegah penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, dan menjaga kesehatan mata. Namun, semua ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Sate Bulayak: Dibalik Rasanya yang Enak, Ada Sejarah dan Filosofi yang Menyentak

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Lombok yang Bisa Bikin Awet Muda

4. Meringankan gangguan menstruasi
Studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Tak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Meredakan rasa gatal pada kulit
Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.
Anda bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal ini.

Baca juga: Makanan Khas Lombok Babelung, serta Cara Pembuatnya

Baca juga: Pelecing Kangkung, Kuliner Sederhana Khas Lombok penggoyang Lidah

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait