WAW! Ini Dia Beberapa Perusahaan yang membanggakan Indonesia

Hiburan —Jumat, 30 Jul 2021 11:28
    Bagikan  
WAW! Ini Dia Beberapa Perusahaan yang membanggakan Indonesia
image/pinterest

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK 

Hayo siapa nih yang pengen kerja di salah perusahaan yang paling terkenal di Indonesia, kira kira perusahaan apa aja ya cek yu

1. PT Bank Central Asia


BCA didirikan di negara Republik Indonesia pada tanggal 10 Agustus 1955 No. 38 dengan nama “N.V. Perseroan Dagang Dan Industrie Semarang Knitting Factory”. BCA mulai beroperasi di bidang perbankan sejak tanggal 12 Oktober 1956. Selama beroperasi BCA mengalami beberapa kali perubahan nama sampai akhirnya pada tanggal 21)Mei 1974 menjadi PT Bank Central Asia.


Salah satu kejadian penting dalam sejarah BCA adalah pada tahun 1997 ketika terjadi krisis ekonomi di Indonesia. Krisis ekonomi tersebut mempengaruhi aliran dana tunai BCA dan bahkan sempat mengancam kelanjutan perusahaan. Dikarenakan kepercayaan masyarakat terhadap dunia perbankan menurun, banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, BCA terpaksa harus meminta bantuan dari pemerintah.


Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pada tanggal 28 Mei 1998 mengambil alih operasi dan manajemen BCA. Sesuai dengan keputusan tersebut, status BCA diubah menjadi Bank Taken Over (BTO) dan status ini berakhir pada tanggal 28 April 2000. Setelah masa restrukturisasi selesai, pada bulan Mei 2000, Anggaran Dasar BCA mengalami perubahan sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana saham. Kondisi ini mengubah status BCA menjadi perusahaan terbuka dan nama bank menjadi PTiBank Central Asia Tbk. BCA menawarkan 22% dari modal saham yang ditempatkan dan disetor, sebagai bagian dari divestasi pemilikan saham Republik Indonesia yang diwakili oleh BPPN. Selanjutnya penawaran saham ke dua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham miliknya di BCA. Di tahun 2002, BPPN melepas 51% dari sahamnya di BCA melalui tender penempatan privat yang strategis. Farindo Investment, Ltd., yang berbasis di Mauritius, memenangkan tender tersebut.


Lingkup Bidang Usaha
Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasarnya, BCA beroperasi sebagai bank umum yang bergerak di bidang perbankan dan jasa keuangan lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. BCA memperoleh ijin untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut berdasarkan surat keputusan Menteri Keuangan No. 42855/U.M.II tanggal 14 Maret 1957. Pada tahun 1977, Bank memperoleh ijin untuk melakukan kegiatan usaha devisa.


Dalam menjalankan usahanya, bisnis dan kompetensi inti yang dipilih oleh BCA adalah untuk menjadi transaksional bank. BCA mempersiapkan infrastruktur perbankan diantaranya sektor teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mendukung produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.


Selanjutnya Bank mengembangkan ruang lingkup usahanya dengan menjalankan fungsi intermediasi melalui penyaluran kredit. Sejak tahun 2000 BCA menyiapkan pengembangan kegiatan perkreditan. Pertumbuhan kredit yang sangat baik (kredit BCA pada tahun 2006 dibandingkan tahun 2001 telah tumbuh sebesar 40%), menyebabkan pergeseran aktiva produktif BCA ke produk kredit yang memiliki imbal jasa (yield) lebih tinggi. BCA juga melihat kesempatan baru untuk memenuhi kebutuhan segmen menengah. Segmen ini, selain membutuhkan kemudahan bertransaksi dan mendapatkan pembiayaan kredit, mereka juga membutuhkan sarana untuk melakukan investasi. BCA dalam hal ini mulai aktif menjadi relationship banking untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga: Makna Motif Batik Indonesia yang Memiliki Banyak Sejarah


Dalam menjalankan kompetensi bisnisnya, BCA merancang bidang usaha berdasarkan konsep Strategic Business Unit (SBU). Konsep ini memungkinkan bank untuk dapat lebih fokus pada jenis produk dan jasa yang ditawarkannya. BCA mengelompokkan kegiatan perbankan ke dalam tiga kelompok besar yaitu Bisnis Perbankan Konsumer, Bisnis Kredit, serta Bisnis Tresuri dan Internasional. Ketiga bisnis lini tersebut didukung oleh unit-unit Pengendali Risiko serta Pendukung Korporasi.


Visi BCA
“Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia ”


Dengan visi tersebut BCA bercita-cita menjadi Bank pilihan utama di Indonesia. Bank mengharapkan kegiatan perbankan yang ditawarkan dapat memberikan service excellence dan pengalaman yang baik kepada nasabah. Hal ini harus diwujudkan dalam bentuk kesiapan prasarana, sistem dan prosedur, kemampuan sumber daya manusia dan budaya perusahaan.


BCA diharapkan dapat menjadi bank yang memiliki brand awareness, brand loyalty dan brand recommendation yang tinggi dalam pandangan nasabah. Tidak hanya itu, BCA juga ingin menjadi institusi andalan masyarakat luas karena sangat peduli lingkungan dan masyarakat sekitar. BCA adalah bank yang peduli pada peningkatan taraf hidup masyarakat, keseimbangan ekosistem, pendidikan, bantuan korban bencana alam dan bantuan pengembangan tempat ibadah.


Hal lain yang diharapkan terwujud adalah BCA menjadi bank dengan tata kelola yang baik dan juga berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia, sehingga BCA akan menjadi bagian dari pembangunan ekonomi Indonesia.


Misi BCA
Untuk mencapai visi tersebut di atas, maka ditetapkan misi perusahaan sebagai berikut.

Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan
Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah
Meningkatkan nilai francais (franchise value) dan nilai stakeholder.


2. Bank Mandiri menjadi salah satu bank terbesar dengan nasabah yang sangat signifikan perkembangannya. Seperti apa profil Bank Mandiri?

Pada 2 Oktober 1998, Bank Mandiri resmi berdiri. Saat itu pemerintah Republik Indonesia sedang melakukan restrukturisasi perbankan untuk menanggulangi krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997.

Baca juga: Minuman Minuman Tradisional


Empat bank lain yang akhirnya bergabung dengan Bank Mandiri pada 31 Juli 1999, di antaranya Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia.

Sebagaimana yang tercatat pada profil Bank Mandiri, bank BUMN ini melalui beberapa kali transformasi guna menyesuaikan dengan kebutuhan dasar masyarakat.


Profil Bank Mandiri sebagai bank terbesar hingga hari ini telah mampu merengkuh segmen lintas kelas sehingga kebutuhan nasabahnya akan terpenuhi melalui program-program yang ditawarkan.

Hal itu selaras dengan visi dan misi Bank Mandiri, yaitu menjadi partner finansial pilihan utama masyarakat. Misi bank BUMN ini adalah menyesuaikan program perusahaan dengan perkembangan dunia dan teknologi, yaitu menyediakan layanan perbankan digital yang andal dan simpel sehingga mempermudah kehidupan keuangan nasabah.


Berdasarkan visi dan misi tersebut, Bank Mandiri terbukti terus tumbuh bersama para nasabah lintas usia, yaitu lintas batas yang selama ini kerap menciptakan gap antara satu dan lainnya.

Di samping memberikan pelayanan perbankan, Bank Mandiri juga menawarkan jasa proteksi lewat AXA Mandiri dan Mandiri Inhealth. Kedua asuransi tersebut menawarkan benefit-benefit berupa:


pertanggungan biaya pembedahan,
penggantian biaya kamar rawat inap di rumah sakit maksimal 90 hari dalam setahun,
polis asuransi dapat diperpanjang hingga nasabah berusia 99 tahun,
pertanggungan biaya rumah sakit,
manfaat pertanggungan biaya rawat jalan,
manfaat pengembalian premi 110% jika tidak ada klaim hingga 10 tahun polis asuransi berjalan,
dan masih banyak lagi.


Selayaknya sebuah perusahaan yang mengemban tanggung jawab sosial kepada masyarakat, profil Bank Mandiri juga dikenal luas oleh masyarakat karena memiliki program Mandiri CSR atau Corporate Social Responsibility. Program ini fokus pada pertumbuhan kesejahteraan masyarakat.

Implementasi program-program CSR perusahaan dirancang untuk bisa berkelanjutan sehingga kesuksesan bisnis yang dicapai dapat tumbuh secara linear dengan kemakmuran masyarakat dan keberdayaannya.

Baca juga: Danau Tebesar di Indonesia dan ke indahnya


Guna membangun kemandirian masyarakat, terdapat tiga program CSR utama, antara lain:

Wirausaha Muda Mandiri
Mandiri Bersama Mandiri
Spirit Memakmurkan Negeri
Wirausaha Muda Mandiri adalah program dukungan yang membidik anak muda terdidik (mahasiswa dan alumni) untuk menciptakan dan mengembangkan wirausahanya.


Mandiri Bersama Mandiri dibangun dengan semangat menjalin kesinambungan dengan program-program pemerintah yang sejalan dengan visi dan misi Bank Mandiri, yaitu untuk menciptakan masyarakat yang berfaedah secara keuangan dan mandiri secara kebutuhan hidupnya.

Program CSR yang terakhir adalah Spirit Memakmurkan Negeri, yaitu memberikan solusi dalam permasalahan-permasalahan sosial, pendidikan, dan lingkungan.

Profil Bank Mandiri dilihat dari produk dan fiturnya
Sebagaimana layaknya perusahaan yang mengakomodasi beragam kebutuhan, Bank Mandiri dapat menjadi rujukan yang tepat untuk kepentingan personal maupun bisnis perusahaanmu.


Profil Bank Mandiri – Sejarah, Visi Misi, dan Produk-Produknya
Berikut adalah kebutuhan personal yang bisa didapatkan berkat menjadi nasabah.

Tabungan
Tabungan giro
Deposito
Pinjaman
Kartu kredit
Investasi dan asuransi
Internet banking
Pengiriman uang
Guna melancarkan usaha dan bisnismu, menjadi nasabah Bank Mandiri adalah langkah yang tepat. Berikut adalah beberapa program khusus perusahaan yang dapat diakses nasabahnya.


Simpanan
Pinjaman
Corporate Card
Cash Management
Trade Finance
Treasury
E-Banking
Bantuan layanan dan call center Bank Mandiri untuk nasabah
Bank Mandiri memiliki Mekanisme Penyampaian Pengaduan jika nasabah ingin menyampaikan keluhan. Mekanisme ini pun sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Rafi Ahmad Covid dan Sembuh 2 Hari, Begini Kronologi dan Respon Kemenkes


Apabila nasabah mengalami kesulitan untuk mengakses layanan dan program, pengaduan dapat dilakukan melalui lisan dan tulisan.

Pengaduan secara lisan dapat dilakukan dengan menghubungi call center Mandiri di 14000 atau mendatangi kantor cabang terdekat secara langsung. Selain itu, pengaduan secara tulisan juga dapat dilakukan melalui enam cara, antara lain:


Mendatangi kantor cabang terdekat.
Mengirimkan pengaduan ke surel [email protected]
Mengakses situs resmi Bank Mandiri dan memilih menu Contact Us.
Mengirimkan surat resmi yang ditujukan kepada manajemen bank.
Mengirim pesan ke akun resmi media sosial di @mandiricare.
Mengirimkan pesan ke Telegram Mandiri (0811-8414-000).
Berikut adalah alur proses penanganan pengaduan nasabah Bank Mandiri.


Nasabah menyampaikan pengaduan melalui sarana yang telah disediakan.
Petugas melakukan verifikasi berdasarkan data nasabah.
Pengaduan diterima dan dicatat petugas.
Nasabah menerima nomor registrasi pengaduan.
Petugas akan menindaklanjuti menyelesaikan pengaduan nasabah sesuai dengan jangka waktu yang tidak dapat disamakan untuk semua jenis pengaduan.


Pengaduan dianggap selesai jika nasabah sudah sepakat dengan upaya penyelesaian yang telah dilakukan oleh petugas.
Apabila nasabah tidak sepakat dengan upaya penyelesaian yang telah dilakukan Bank Mandiri, nasabah dapat mengajukan penyelesaian kepada pelaksana fungsi mediasi perbankan yang difasilitasi perwakilan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), atau Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI).


3. PT Indofood
PT Indofood ataupun lebih diketahui dengan julukan Indofood ialah produsen bermacam tipe santapan serta minuman yang berpangkalan di Jakarta, Indonesia. Industri ini dibuat pada bertepatan pada 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan julukan PT Panganjaya Intikusuma yang pada bertepatan pada 5 Februari 1994 jadi Indofood Berhasil Mampu. Industri ini mengekspor materi makanannya sampai Australia, Asia, serta Eropa. Dalam sebagian dasawarsa ini Indofood sudah beralih bentuk jadi suatu industri keseluruhan food solutions dengan aktivitas operasional yang melingkupi semua jenjang cara penciptaan santapan, mulai dari penciptaan serta pengerjaan materi dasar sampai jadi produk akhir yang ada di rak para orang dagang asongan

Baca juga: Bangunan dan Monumen Bersejarah

Indofood dibuat pada tahun 1968 selaku Ikon Insan Mampu, suatu bidang usaha mie praktis[rujukan?], dengan merk Indomie dikeluarkan pada tahun 1972. Industri direstrukturisasi pada 14 Agustus 1990 selaku PT Panganjaya Intikusuma. Pada tahun 1994, industri ini bertukar julukan jadi PT Indofood Berhasil Mampu, serta terdaftar di Pasar uang Dampak Indonesia pada 14 Juli 1994. Ini merupakan salah satu industri kepunyaan keluarga Sudono Salim di dasar Salim Group.


Pada Januari 2013, selaku bagian dari pengajuan ke Pasar uang Dampak Indonesia, Indofood berkata berencana buat membeli 50% prosesor tebu Brasil Companhia Mineira de Açúcar e lcool Participações,( CMAA) dengan harga$72 juta.


Pada 17 Februari 2021, Indofood CBP sudah sah membeli semua saham kepunyaan Fritolay Netherlands Holding BV, aliansi PepsiCo di PT Indofood Fritolay Mampu( IFL) senilai Rp 494 miliyar, alhasil penciptaan merk Lays, Cheetos serta Doritos santapan enteng di Indonesia hendak dihentikan pada 18 Agustus 2021. Tidak hanya itu, PepsiCo serta afiliasinya pula sudah akur buat tidak memproduksi, membereskan, menjual, menjual, ataupun megedarkan produk santapan enteng yang bersaing dengan produk IFL di Indonesia buat waktu durasi 3 tahun.

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait