Rafi Ahmad Covid dan Sembuh 2 Hari, Begini Kronologi dan Respon Kemenkes

Hiburan —Jumat, 30 Jul 2021 10:00
    Bagikan  
Rafi Ahmad Covid dan Sembuh 2 Hari, Begini Kronologi dan Respon Kemenkes
Rafi Ahmad Covid dan Sembuh 2 Hari, Begini Kronologi dan Respon Kemenkes (pinterest)

LOMBOK, DEPOSTLOMBOK 

Salah  satu artis papan atas Indonesia, Rafi Ahmad covid beberapa hari lalu yang mengharuskannya beristirahat sekaligus memisahkan diri dari istrinya selama 3 minggu. Kabar terkenanya penyakit ini langsung dia sampaikan pada kanal YouTube milik Ivan Gunawan.


Tentu saja hal tersebut membuat semua orang terkejut, termasuk Ivan Gunawan sendiri. Bagaimana tidak, selama ini Rafi terlihat sehat-sehat saja dan masih wara-wiri pada berbagai acara yang diselenggarakan oleh stasiun televisi swasta Indonesia.

Untungnya penyakit tersebut berhasil disembuhkan dalam waktu 2 hari saja. Itu merupakan kabar baik sekaligus penyembuhan tercepat di Indonesia, dan sempat mendapatkan pujian dari berbagai pihak, termasuk dokter.


Nah bagaimana kronologi sekaligus metode penyembuhan Rafi Ahmad kena covid ini ?. Lebih lanjut, berikut ulasan lengkapnya :

Kronologi Rafi Ahmad Kena Covid (subjudul 1)

Dalam obrolan bersama Ivan Gunawan, Rafi Ahmad mengungkapkan kenapa dirinya bisa terkena covid-19.

Dia curhat bahwa beberapa waktu terakhir dirinya sempat lupa untuk makan dan istirahat yang cukup karena saking padatnya rutinitas. Sehingga membuat daya tahannya menurun, akhirnya penyakit pun masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Bangunan dan Monumen Bersejarah


Dia mengakui bahwa tindakan tersebut merupakan kesalahan terbesar. Mengingat dia sendiri salah seorang yang mesti bertemu dengan banyak orang setiap hari. Akibatnya sangat rentan terpapar agen penyakit berbahaya, termasuk covid-19.

Pada akhirnya dia sedikit menggalakkan kampanye hidup sehat, seperti tetap memakan makanan bergizi serta tidur cukup kepada semua penonton.


Penyembuhan Rafi Kena Covid

Karena berhasil berhenti dalam waktu 2 hari saja, itu membuat semua orang penasaran termasuk dari tenaga kesehatan.
Bagaimana tidak, dibandingkan dengan yang lain, ini adalah penyelesaian kasus tercepat apalagi skala covid-19.

Perihal ini, Rafi mengungkapkan bahwa dia bisa sembuh berkat vaksin yang diterima. Adapun jenisnya sendiri adalah sinovac.


“Gua buka ini di podcast lu ya. Jadi selama 3 minggu kemarin, gua nganggur. Soalnya gua kena covid. Anehnya cuman 2 hari doang, itu karena vaksin yang gua terima, jadinya metabolisme kuat”, kata Rafi membuka obrolan di Podcast Pak Igun.

Pada sisi lain, ia mengungkapkan di dalam tubuhnya terdapat vitamin D lumayan banyak. Vitamin D ini berguna untuk memperkuat metabolisme tubuh supaya semua penyakit takluk, dan tetap sehat dalam situasi apapun juga.


Respon Kemenkes Terkait Rafi Kena Covid
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merespon penyataan Rafi Ahmad yang menyatakan dirinya sembuh dalam waktu 2 hari.

Juru bicara kementerian tersebut mengungkapkan Rafi Ahmad pada hakikatnya belum sembuh. Karena bisa jadi yang berhenti hanyalah gejala-gejalanya saja. Sementara itu untuk keseluruhannya sendiri, masih belum sembuh 100%.

Bisa juga ada kesalahan alat dalam menentukan positif atau tidaknya rafi. Alasannya adalah untuk PCR, alat satu ini tidak hanya mampu mendeteksi virus yang hidup, tapi bisa juga menemukan virus bangkai. Di mana saat virus mati terdeteksi,  maka hasilnya positif.


Baca juga: Pemain Bola Terkaya di Dunia

Maka dari itu ketika anggapan sembuh muncul, lebih baik untuk tinggal di rumah saja. Jangan berani berpergian ke luar, kecuali dalam rangka memenuhi kebutuhan penting. Namun usahakan secepat mungkin, mengingat penyebaran covid semakin cepat.

Sekiranya mesti pergi ke luar rumah, tetap patuhi protokol kesehatan sebagaimana pemerintah sarankan. Pakai masker berlapis 3, lebih baik masker medis. Kemudian saat pulang, bersihkan diri dengan mandi atau cuci tangan.

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait