Film Indonesia Bumi Manusia, Adat Tradisi dan Pengorbanan Yang Terikat Oleh Peraturan

Hiburan —Jumat, 23 Jul 2021 11:07
    Bagikan  
Film Indonesia Bumi Manusia, Adat Tradisi dan Pengorbanan Yang Terikat Oleh Peraturan
Sumber foto screenshoot Film Bumi manusia /youtobe

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK

Film Bumi Manusia merupakan adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer berjudul sama. Digarap Hanung Bramantyo bersama rumah produksi Falcon Pictures, film Bumi Manusia pertama kali rilis di bioskop pada 15 Agustus 2019.

Film Bumi manusia merupakan film perjuangan seorang anak pribumi yang menginginkan keseteraan antara pribumi dan bangsa asing pada jaman kolonial.
Akting dari para pemain nya yang apik dan alur ceritanya yang meski sedikit berat namun masih mudah di pahami.
Bahkan ada beberapa since yang sama sekali tidak bisa kita tebak seperti apa endingnya.
Selain dibintangi oleh aktor dan artis muda berbakat seperti Ikbal Ramadhan,Mawar de jongh, Brayen Domani, dan Georgino Abraham.
Film ini juga ikut di dukung oleh aktor dan artis senior diantaranya Ine Febrianti, Doni Damara,Cristian Sugiono, Dewi Irawan dan ikut di meriahkan dengan beberapa aktor luar.
Gimana,penasaran kan dengang filmnya? agar membuat anda lebih tertarik menonton film ini berikut sinopsis film Bumi Manusia.

Baca juga: 5 Benda Di dalam Rumah yang di Percaya Membawa Hoki, Pembawa Rezeki

Baca juga: 20 Drakor yang Wajib Kamu Tonton

Film ini bercerita tentang seorang pemuda pribumi bernama Minke (Ikbal Ramadhan) yang bersekolah di HBS. Tentunya sosok Minke dipandang hebat karena pada masa itu, HBS merupakan sekolah elite yang hanya ditujukan untuk anak-anak keturunan Eropa di Nusantara. Lantaran statusnya sebagai anak bangsawan yang sangat pandai dan juga piawai menulis, Minke tidak mengalami kesulitan masuk kesana. Berbanding terbalik dengan kondisinya, Minke rupanya merasa susah melihat nasib Bumi Putera lainnya. Melalui tulisan yang ia terbitkan, Minke mengajak orang-orang untuk memperjuangkan nasib bangsanya.

Tidak hanya Minke saja, film ini juga menceritakan seorang perempuan yang menjadi istri orang Belanda di masa kolonial. Di Surabaya sekitar tahun 1898, hiduplah seorang gundik yang bernama Nyai Ontosoroh (Ine Febrianti) Sebutan nama Nyai di depan namanya membuat perempuan itu menderita. Seorang Nyai dipandang sebagai perempuan hina yang sudah melanggar norma asusila karena dianggap sama dengan sebutan “istri simpanan”. Sebutan ini pula yang membuat Nyai Ontosoroh tidak memiliki Hak Asasi Manusia sepantasnya dalam konflik demi konflik yang dialaminya. Oleh karena itu, ia belajar yang terbaik agar bisa diakui sebagai manusia seutuhnya.

Karakter lain yang diceritakan adalah seorang perempuan muda yang juga putri Nyai Ontosoroh dengan suaminya, Tuan Herman Mellema, yang bernama Annelies (Mawar de jongh). Nantinya, Annelies akan memiliki kisah cinta rumit dengan Minke yang tidak hanya melibatkan mereka berdua, tapi juga melibatkan dua bangsa.

Baca juga: 5 Tempat Angker di Sumedang yang Bikin Orang Penasaran

Baca juga: Tradisi dan Rumah Adat Suku Sasak

Hubungan Minke dan Annelies pun mendapat penolakan dari berbagai pihak. Terutama ayah Minke yang baru saja diangkat sebagai Bupati. Polemik tentang hubungan keduanya pun muncul lagi ketika kebahagiaan Minke dan Annelies direnggut oleh hukum bangsa kolonial.

Namun itu tidak membuat Minke mumdur, dia tetap memperjuangkan Annelis bahkan bertekad menikahi Annelis meski penikahan itu tidak di akui secara hukum.
Minke tetap menikahi Annelis secara Agama.
Sayang nya pernikahan mereka tidak bertahan lama karena kegigihan nyai Ontosoroh untuk memperjuangkan hak asuh Annelis di tolak oleh pengadilan dan Annelis pun harus di pulangkan ke negera asal Suaminya Tuan Herman Millema.
Ada banyak konflik yang terjadi di dalam film ini tidak hanya konflik keluarga dan Bangsa namun ada juga konflik dalam pertemanan antara minke dan teman nya yang merupakan keturunan bangsa asing.

Akan kah perjuangan Minke dan Annalis berujung Indah atau malah sebaliknya Mereka harus berpisah.
Makin penasaran kan dengan kisah keduanya langsung aja tonton filmnya,Ok!  (NN)

Baca juga: Sejarah MPL dan Pemenang MPL ID Sepanjang Season

Baca juga: Film India My Name Is Khan, tentang Cinta,Keluarga Dan Kepercayaan yang Menyayat Hati

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait