Sejarah MPL dan Pemenang MPL ID Sepanjang Season

Hiburan —Kamis, 22 Jul 2021 15:32
    Bagikan  
Sejarah MPL dan Pemenang MPL ID Sepanjang Season
Sejarah MPL dan Pemenang MPL ID Sepanjang Season (Sumber: pinterest)

LOMBOK,DEPOSTLOMBOK

Player dan Komunitas Mobile Legends di Indonesia berkembang begitu pesat. Hingga beberapa tim esports Indonesia terus bermunculan dan bahkan mampu meraih juara di kancah internasional. Lantas, nama Indonesia kini terkenal sebagai salah satu negara yang menyumbangkan pemain esports Mobile Legends terbanyak di dunia. Inilah yang akhirnya melatarbelakangi lahirnya MPL ID atau Mobile Legends Professional League Indonesia, sebuah kompetisi Mobile Legends tertinggi di Indonesia.

Asal-usul MPL ID
Sejarah awal MPL ID bermula pada 2017. Saat itu, ML Southeast Asia Cup (MSC) untuk pertama kalinya berlangsung di Gandaria City, Jakarta.

Yang diwakili beberapa negara dan team
Indonesia diwakili oleh dua team yaitu Sains Indo, dan Elite 8, Malaysia diwakili MYA JR, dan Team Saiyan, Philipina, Solid Gaming Alfa, dan Salty Salad, Thailand IDNS, dan Singapura Impunity, 10 team itu merupakan 10 team terbaik dari 2000 team yang ikut dan pemenang nya ada IDNS dari Thailand, semenjak itu tournamen MLBB semakin meningkat Turnamen ini bertujuan mencari para calon pemain yang akan mewakili Indonesia di kancah internasional. Rupanya, kala itu banyak sekali peminat Mobile Legends yang datang meramaikan acara. Media sosial sampai geger.

Baca juga: Film India My Name Is Khan, tentang Cinta,Keluarga Dan Kepercayaan yang Menyayat Hati

Baca juga: 3 Menu Sarapan di Sekitaran Lombok yang Bikin Nagih

Berkat dari antusiasme fans Mobile Legends inilah, Moonton selaku pengembang dan publisher Mobile Legends tertarik menyelenggarakan MPL ID. Hari ini, kita mengenalnya sebagai liga esports profesional yang bertujuan mengembangkan industri esports, khususnya Mobile Legends, di Indonesia.

Maka pada 2018, sejarah MPL ID musim pertama resmi digelar. Online Qualifier MPL ID Season 1 setidaknya diikuti oleh sekitar 2000 tim. Hingga akhirnya terpilihlah 10 tim terbaik yang akan beradu dalam fase liga.

Perubahan Peraturan MPL ID
MPL I

D membuat penyesuaian untuk beberapa peraturan game yang ada. Salah satunya adalah berubahnya sistem kualifikasi. Kini, sistem kualifikasi terbuka sudah tidak berlaku lagi. Moonton lantas memberlakukan sistem invitational, dengan cara mengundang para pemenang MPL musim sebelumnya untuk bertanding ke musim yang akan datang. Perubahan konsep itu juga semakin melengkapi sejarah MPL ID.

Baca juga: Jadwal MPL ID Season 7 Pekan Pertama: RRQ Hoshi Jumpa Alter Ego
Sejarah Juara MPL ID
Musim berganti dengan musim. Pertandingan MPL ID semakin panas. Seluruh tim mempersiapkan diri untuk memenangkan pertandingan MPL ID pada tiap season-nya. Bagaimana tidak? Helatan acara MPL ID menjadi ajang esports yang paling ditunggu-tunggu. Terlebih, ada hadiah fantastis yang diperebutkan.

Namun, tahukah kamu tim mana sajakah yang berhasil menjuarai MPL ID pada tiap musimnya? Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang MPL ID sesuai dengan urutan musimnya.

Baca juga: Asal Muasal Kuda Lumping

Baca juga: 5 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh khas Lombok Yang Wajib Dikunjungi, Paling Lengkap dan Favorit

Pertama dari MPL ID Season 1 yaitu Team NXL yang berhasil raih gelar juara usai kalahkan Evos eSports di babak grand final.
Mereka jadi tim kuda hitam karena tak dijagokan sekali pada turnamen ini namun berhasil meraih gelar MPL pertama kalinya.

Selanjutnya adalah RRQ O2 yang sukses raih gelar juara MPL ID Season 2 setelah kalahkan rival abadinya di babak grand final yaitu Evos eSports.

Pada MPL ID Season 3 menjadi turnamen yang paling boring bagi penonton namun menjadi turnamen paling epic sepanjang sejarah Onic eSports.

Dimana mereka berhasil gelar MPL ID S3 dengan rekor yang menakjubkan, tak kalah dalam satu pertandingan pun (bukan game) disana.

Selanjutnya pada season 4, untuk pertama kalinya Evos raih gelar juara MPL sekaligus jadi tim yang berhasil hentikan dominasi Onic eSports di season sebelumnya.

Sekaligus pada season 4 ini, roster terbaik Evos eSports lahir yang diberi nama Evos World (Wann, Oura, Rekt, Luminaire dan Donkey).

RRQ Hoshi berhasil catat sejarah sebagai tim pertama yang raih gelar MPL secara 2x, sejarah itu dibentuk usai mereka memenangi MPL ID Season 5 dengan mengalahkan Evos Legends di partai final.

Sejarah kembali dibentuk oleh RRQ Hoshi, mereka berhasil back to back alias kembali juara MPL ID pada season 6 usai kalahkan Alter Ego dengan susah payah.

Sejarah ini menjadi yang pertama dicatatkan di MPL Indonesia dan hanya RRQ lah yang bisa catatkan sejarah itu selama sejauh ini.

Kemudian ada Evos Legends yang juga berhasil kembali raih gelar juara MPL Indonesia pada season 7.

Pencapaian itu terwujud usai kalahkan Bigetron pada partai final dan selangkah lagi bisa samai rekor RRQ sebagai tim terbanyak yang meraih gelar MPL Indonesia yaitu sebanyak 3x.

Siapa kah selanjutnya yang akan kembali juara MPL season 8 nanti?, dukung team favorit kalian

Baca juga: Beberapa Tarian Khas Lombok Nusa Tenggara barat

Baca juga: 3 Menu Sarapan di Sekitaran Lombok yang Bikin Nagih

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait