Deretan Aplikasi Pencuri Data, Segera Hapus Aplikasi Android Ini Dari Ponselmu Jika Tidak Ingin Datamu Dicuri

Hiburan —Jumat, 2 Jul 2021 12:03
    Bagikan  
Deretan Aplikasi Pencuri Data, Segera Hapus Aplikasi Android Ini Dari Ponselmu Jika Tidak Ingin Datamu Dicuri
pinterest

DEPOST MALANG

Di era modern saat ini dimana perkembangan teknologi menjadi lebih canggih menjadikan kerap terjadinya pencurian data pribadi. Ada berbagai macam cara yang dilakukan para hacker untuk melakukan pencurian data.

Salah satunya yaitu dengan melalui aplikasi pada ponsel Android. Aplikasi tersebut biasanya membawa malware yang sangat berbahaya bagi penggunanya. Mulai dari pencurian data, penyalahgunaan data hingga pencurian uang secara digital.

Dikutip dari laporan Quick Heal Security Labs yang mengatakan malware Joker telah membuat jalan di Google play store selama 3 tahun. Kini ada delapan aplikasi Android yang ditemukan membawa malware Joker dan berpotensi mencuri data pribadi pengguna secara diam-diam.

Baca Juga : 6 Makanan Khas Malang yang Penuh dengan Kenangan

Malware Joker adalah malware yang mencuri perangkat korban seperti pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat. Kemudian, diam-diam berinteraksi dengan situs web iklan dan membuat korban berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan mereka.

Menurut laporan dari Quick Heal Security Labs cara kerja aplikasi ini saat pertama kali diluncurkan aplikasi ini meminta akses notifikasi, yang digunakan untuk mendapatkan data notifikasi. Aplikasi ini mengambil data SMS dari notifikasi, meminta akses Kontak, dan membuat serta mengelola izin panggilan telepon. Setelah itu, ia bekerja seperti aplikasi pemindai dokumen tanpa menunjukkan aktivitas berbahaya yang terlihat kepada pengguna, Tetapi di latar belakang ia memonitor semua data penggunanya.

Baca Juga : Kisah Nabi Ayub Menghadapi Ujian Kehilangan Harta Benda dan Musibah Penyakit

Kabar baiknya delapan aplikas ini sudah dihapus dari play store. Tetapi pengguna yang sudah terlanjur menggunakanya diwajibkan untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi ini dari perangkat mereka. Berikut delapan aplikasi yang membawa malware Joker, dikutip dari Quick Heal Security Labs :

Baca Juga : Perempat Final Euro 2020 - Prediksi Swiss vs Spanyol

Baca Juga : Cerita Horor Thread Viral di Twitter Pengalaman Seorang Pemuda, Tinggal di Rumah Kos Angker di Jogja Selama 4 Tahun

1. Auxiliary Message
2. Fast Magic SMS
3. Free CamScanner
4. Super Message
5. Element Scanner
6. Go Messages
7. Travel Wallpapers
8. Super SMS

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait